Dark/Light Mode

Perang Bisa Ganggu Logistik Industri, Menperin Minta Iran-Israel Tahan Diri

Selasa, 16 April 2024 15:21 WIB
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Ist)
Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, memanasnya Iran-Israel akan mempengaruhi kondisi ekonomi Indonesia dan global.

“Ini juga sesuatu yang harus kita cermati, kita analisa, kemudian juga kita bisa mengambil langkah-langkah yang tepat agar supaya manufaktur kita tidak berdampak lebih dalam lagi terhadap pelemahan rupiah dan juga terhadap eskalasi hubungan memanas antara Iran dan Israel,” ujarnya saat acara halal bihalal di Kantor Kementerian Perindustrian, Selasa (16/4/2024).

Baca juga : Rute Penerbangan Timteng Terganggu, Kemenlu Minta WNI Tunda Pergi Ke Iran-Israel

Menurut dia, jika Iran dan Israel sampai perang terbuka, logistik akan terganggu. Menurut dia, kapal-kapal yang melalui lautan Asia Selatan, Asia Barat dan terusan Suez akan terganggu.

“Jadi kita harapkan baik Iran, Israel menahan diri lah untuk kepentingan yang lebih besar oke,” ujarnya.

Baca juga : Timteng Memanas, Bobby Adhityo Minta Iran-Israel Kedepankan Diplomasi

Menurut dia, perang itu tidak akan pernah membawa manfaat bagi industri manufaktur. Tidak akan pernah. “Cost of production-nya pasti naik. Market-nya juga pasti terganggu. Jadi kita berharap tidak akan terjadi eskalasi,” katanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.