Dark/Light Mode

Evaluasi Mudik 2024, Jokowi Minta Rest Area Tol Diperbanyak

Senin, 6 Mei 2024 20:13 WIB
Menko PMK, Muhadjir Effendy usai mengikuti Rapat Terbatas dengan Presiden mengenai evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5).
Menko PMK, Muhadjir Effendy usai mengikuti Rapat Terbatas dengan Presiden mengenai evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi memerintahkan para menteri untuk menambah tempat istirahat atau rest area untuk mudik masyarakat yang melalui jalan tol.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) dengan Presiden mengenai evaluasi arus mudik dan balik Lebaran 2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5).

Baca juga : Hadapi Bonus Demografi, Presiden Minta Dokter Spesialis Diperbanyak

Selain itu penambahan rest area, Presiden juga meminta agar dilakukan revitalisasi Pelabuhan Jangkar di Situbondo, Jawa Timur sebagai pelabuhan reguler.

“Di samping untuk menangani arus mudik terutama yang akan nyebrang dari Jawa menuju ke wilayah NTB, NTT dan beberapa pulau kecil di sekitar Madura. Sehingga pemudik tidak perlu menyebrang beberapa kali,” katanya. 

Baca juga : Netizen Minta Bulog Bekerja Transparan

Terlepas dari semua itu, diakui Muhadjir, Jokowi mengapresiasi penanganan mudik 2024. 

"Alhamdulillah secara umum Presiden memberikan apresiasi terhadap penanganan mudik tahun ini yang beberapa indikator menunjukkan ada kenaikan kualitas penanganan mudik tahun ini dibanding tahun lalu,” ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu. 

Baca juga : Sepedaan, Presiden Jokowi Dan Mentan Amran Kompak Di Lombok

Dalam rapat tersebut, Presiden juga bersyukur lantaran pemudik turut berkontribusi menjaga kondusifitas arus mudik dan balik. Mereka, sebutnya, mematuhi aturan dan imbauan dari Pemerintah. Bahkan, kedisplinan mudik yang dilakukan para pemudik tahun ini mampu menekan angka kecelakaan di jalan. 

“Termasuk mereka yang ikut mudik gratis, mudik lebih awal dan juga mereka yang betul-betul menggunakan kendaraan yang memenuhi syarat, yang berstandar baik sehingga angka kecelakaan tahun ini bisa ditekan lumayan tinggi, yaitu ada penurunan kecelakaan dan juga yang mengalami kecelakaan fatal,” pungkasnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.