Dark/Light Mode

Buka IPA Convex 2024

Menteri ESDM Ajak Investor Kolaborasi Hadapi Tantangan Energi

Selasa, 14 Mei 2024 13:13 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif usai membuka IPA Convex di ICE BSD, Tangerang, Selasa (14/5/2024). (Foto: Ist)
Menteri ESDM Arifin Tasrif usai membuka IPA Convex di ICE BSD, Tangerang, Selasa (14/5/2024). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif mengajak, investor untuk berkolaborasi dalam menghadapi tantangan pemenuhan kebutuhan energi, sekaligus mengurangi emisi. 

Hal ini ditegaskan Menteri Kabinet Indonesia Maju itu saat memberikan sambutan di acara The 48th Indonesia Petroleum Association Conference and Exhibition (IPA Convex) tahun 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Selasa (14/5/2024). Acara ini mengangkat tema Gaining Momentum to Advance Sustainable Energy.

"Saya ingin mengajak seluruh peserta. Selain meningkatkan investasi serta produksi minyak dan gas, juga melakukan pengurangan emisi," kata Menteri Arifin.

Baca juga : Bertemu Mendagri Australia, Menko Hadi Bahas Penanggulangan Terorisme

Tema IPA 2024 menggambarkan peran penting industri hulu migas di Indonesia dalam memastikan ketersediaan energi (energy security) di era transisi energi. Tema ini juga menggambarkan potensi Indonesia terhadap negara lain di kawasan regional.  

Sebagai informasi, Indonesia saat ini tengah mengalami momentum kebangkitan dengan penemuan-penemuan sumber daya gas raksasa di akhir tahun 2023. Hal ini memicu harapan atas peningkatan produksi migas dan ketahanan energi Indonesia dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan investasi global.

Menurut Menteri Arifin, momentum ini harus dimanfaatkan untuk kembali menarik investasi migas ke Indonesia. Pemerintah juga kian agresif mendukung pengembangan proyek Carbon Capture, Utilization and Storage (CCS/CCUS) di Indonesia. Pada 2023, pemerintah mengeluarkan regulasi terkait CCS/CCUS sebagai solusi pengurangan emisi.

Baca juga : BSI Dukung Green Economy Lewat Inovasi Digital dan Kolaborasi Strategis

"Saya yakin Anda dapat berasumsi bahwa pemerintah Indonesia akan terus mendorong iklim investasi yang menguntungkan," ujarnya.

Selanjutnya, Menteri Arifin berkeliling ke booth pameran para sponsor dari perusahaan migas nasional dan internasional. Di antaranya PT Pertamina Hulu Energi, bp Indonesia, Energi Mega Persada Group, ExxonMobil Indonesia, MedcoEnergi, Mubadala Energy dan Wood Mackenzie, ADES, PETRONAS Indonesia, SLB, serta COSL, Harbour Energy, INPEX, dan SINOPEC. 

Ketua Panitia IPA Convex 2024, Krishna Ismaputra mengatakan, IPA Convex 2024 menjadi platform penting bagi para pemangku kepentingan. Acara ini tempat berkumpulnya pelaku industri migas, pemerintahan, dan masyarakat luas untuk lebih memahami peran penting industri migas dalam menjaga ketahanan energi dan lingkungan dengan upaya mengurangi emisi karbon.

Baca juga : Sekjen ESDM Bekali Generasi Muda PEM Akamigas Ilmu Energi

IPA Convex 2024 juga berupaya memberikan edukasi dan awareness kepada generasi muda melalui Youth Program. Beberapa program antara lain IPA Goes to Campus saat pre event, Students Meet CEOs dan Students Meet IPA Board pada acara IPA Convex 2024 digelar untuk menginspirasi generasi muda berpartisipasi dalam industri migas nasional dan global.

"Kita bisa memberikan masukan kepada pemerintah. Tujuan IPA adalah mendukung industri migas semakin berkembang, sehingga dapat meningkatkan keamanan energi kita," pungkas Krishna.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.