Dark/Light Mode

Terima Tim Olimpiade Seni

Moeldoko Pastikan Negara Hadir Untuk Talenta Muda Indonesia

Kamis, 16 Mei 2024 18:18 WIB
Moeldoko audiensi dari World Championships of Performing Arts (WCOPA) Indonesia di gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Foto: KSP)
Moeldoko audiensi dari World Championships of Performing Arts (WCOPA) Indonesia di gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/5/2024). (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menerima, audiensi dari tim Indonesia yang berhasil meraih penghargaan di ajang Olimpiade Seni tingkat dunia atau World Championship of Performing Arts.

Dalam kesempatan tersebut, Moeldoko menyampaikan dukungannya terhadap para talenta muda Indonesia tersebut. Menurut dia, dengan dukungan dari pemerintah serta kesadaran masyarakat untuk menjadikan SDM unggul dapat mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. 

“Bisa memperkaya manajemen talenta,” ujarnya di gedung Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/5).

Baca juga : New Tesla Model 3 Highland Hadir Di Indonesia

Melalui Peraturan Presiden (Perpres) tentang Grand Design atau Rencana Besar MTN, kata Moeldoko Presiden Jokowi ingin memastikan bahwa anak-anak muda hebat dan talenta unggul Indonesia akan diurus serta diperhatikan negara.

Moeldoko menambahkan, penyusunan Grand Design Manajemen Talenta Nasional turut melibatkan seluruh jajaran K/L terutama terkait 5 bidang yang merupakan fokus utama, yakni Olahraga, Seni dan Budaya, Riset dan Teknologi, Industri serta ASN.

Atas dasar hal tersebut, sambung dia, pemerintah benar-benar hadir memberikan perhatian lebih terhadap talenta-talenta muda berbakat Indonesia. Termasuk di bidang kesenian.

Baca juga : Menag Bakal Tindak Tegas Travel yang Berangkatkan Jemaah Haji Tanpa Visa Resmi

“Perlu wadah manajemen talenta, Perpres juga sudah turun dan apa yang dimaksud manajemen talenta, negara berkewajiban memberi penguatan seperti di bidang science research, olahraga, serta seni budaya,” imbuh Moeldoko.

Melalui manajemen talenta tersebut, kata Moeldoko, menjadi salah satu bentuk dukungan negara terhadap para SDM unggul serta perwujudan visi Presiden tentang pembentukan SDM yang berdaya saing global. “Negara akan beri dukungan, MTN dijalankan ini sebagai database. Pendataan anak-anak yang unggul,” kata Moeldoko.

Moeldoko turut mengungkapkan pentingnya sosialisasi manajemen talenta ini, khususnya di Industri musik Indonesia. Ia mencontohkan bagaimana industri musik Korea yang dapat berdampak langsung terhadap ekonomi negara. “Bisa jadi resources,” ujarnya.

Baca juga : Bertemu Yaqut, Menteri Haji Saudi Pastikan Layanan Terbaik Bagi Jemaah Indonesia

Moeldoko berharap, melalui manajemen talenta di bidang seni dan budaya, akan semakin banyak muncul sebuah karya yang dikagumi dan diakui dunia internasional.

“Akan mengisi acara apa ya, kepikiran mungkin 17-an di IKN,” tutupnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.