Dark/Light Mode

Kemenhub Berikan Pelayanan Prima Penerbangan Haji Di Bandara Hang Nadim

Selasa, 28 Mei 2024 17:40 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah ll Medan memastikan seluruh penerbangan haji kelompok terbang (kloter) dari Bandara Internasional Hang Nadim, Batam berjalan dengan aman dan lancar.

Kepala Bidang Pengoperasian dan Pelayanan Bandar Udara Maraden Purba mengatakan, dari embarkasi Batam telah berangkat sebanyak 16 kloter.

"Total dari embarkasi Batam tahun ini memberangkatkan 12.437 calon jemaah haji yang dibagi menjadi 28 kloter. Sampai hari ini sudah kloter 16 dengan 7.092 calon jemaah haji yang diberangkatkan," ungkap Maraden, Selasa (28/5/2024).

Maraden menuturkan, calon jemaah haji yang berangkat dari embarkasi Batam berasal dari 4 provinsi.

Baca juga : Kepala BNPB Serahkan Bantuan Banjir Bandang Di OKU: 1 Masih Hilang, 6 Meninggal

Yaitu, Kepulauan Riau, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat. Rinciannya, Kepulauan Riau empat kloter sebanyak 1.343 calon jemaah haji, Riau 12 kloter sebanyak 5.273 calon jemaah haji, Kalimantan Barat (Pontianak) 6 kloter sebanyak 2.611 calon jemaah haji.

Kemudian, Jambi 7 kloter sebanyak 3.071 calon jemaah haji, dan Petugas Kloter Haji sebanyak 139 orang.

Maraden Purba mengungkapkan, Bandara Internasional Hang Nadim telah mempersiapkan berbagi fasilitas pelayanan bagi calon jemaah haji lansia dan berkebutuhan khusus.

"Calon jemaah haji tertua tahun ini berusia 93 tahun. Untuk itu telah disediakan kursi roda dan petugas haji yang akan membantu proses keberangkatan dari asrama hingga menuju ke pesawat," jelasnya.

Baca juga : Cegah Penerbangan Haji Terlambat Lagi, Garuda Intensifkan Langkah Mitigasi

Adapun, proses kedatangan calon jemaah haji hadir di asrama satu hari sebelum keberangkatan, untuk istirahat dan proses pemeriksaan bagasi tercatat dan bagasi kabin guna keamanan dan keselamatan penerbangan.

Peralatan pengecekan berupa x-ray gudang, x-ray kabin, hand metal detector dan juga walktrough metal detector berfungsi dengan baik.

Begitu juga dengan Wheelchair, High Lift Loader, Pushback Truck dan standard peralatan lainnya dalam penyiapan pesawat telah tersedia di Bandara Hang Nadim.

Menurutnya, kesiapan ini tak lepas karena adanya kerja sama yang terjalin baik antara Ditjen Perhubungan Udara, Airnav Indonesia, PT. Angkasa Pura I, PT Bandara Internasional Batam, Saudi Arabia Airlines, dan PT Gapura Angkasa.

Baca juga : Gazalba Saleh Bebas Di Putusan Sela, Ini Pertimbangan Hukum Majelis Hakim

"Jadi, suasana hangat dalam pelayanan haji ramah lansia tahun ini sangat terasa. Semoga calon jemaah haji mendapatkan pengalaman dan pelayan terbaik berangkat dari Bandara Hang Nadim," ujarnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.