Dark/Light Mode

Kementeria ATR/BPN Berhasil Selamatkan Aset KAI Rp 480 Miliar

Kamis, 30 Mei 2024 13:34 WIB
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero  Didiek Hartantyo rapat di Kantor Kementerian ATR/BPN, pada Kamis (30/5).
Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero Didiek Hartantyo rapat di Kantor Kementerian ATR/BPN, pada Kamis (30/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian ATR/BPN berhasil menyelamatkan aset PT Kereta Api Indonesia senilai Rp 480 miliar

Hal itu dibuktikan dengan menyerahkan dua Sertipikat Hak Pengelolaan (HPL) kepada Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero, Didiek Hartantyo di Kantor Kementerian ATR/BPN, pada Kamis (30/5).  

 “Semua ini berkat kerja sama berbagai pihak, mulai dari Kanwil BPN Sumatra Utara, Kantor Pertanahan Kota Medan, Pemerintah Kota Medan, serta kebesaran hati PT KAI, sehingga menciptakan win-win solution bagi semua pihak,” kata Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono. 

Baca juga : KTT WWF Ke10 Ditutup, Menteri Basuki Serahkan Bendera Estafet Ke Arab Saudi

Dua sertipikat HPL ini terletak di Jl  Jawa, Kelurahan Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan. Masing-masing bidang luasnya sekitar 19.000 m2 dan 12.000 m2.

Menteri AHY menegaskan,  langkah ini adalah bentuk komitmen Kementerian ATR/BPN dalam upaya pengamanan aset negara.

Menteri dari Partai Demokrat ini mengungkapkan,  dari penyelesaian sengketa yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi KAI.

Baca juga : Menteri Basuki Pastikan Jalan Tol IKN Siap Dilintasi Agustus 2024

Menteri AHY mengatakan, skema penyelesaian ini dapat menjadi tolok ukur penyelesaian kasus-kasus serupa di tempat lainnya. 

“Ini menjadi gambaran betapa signifikannya total nilai aset yang kita selamatkan jika kita terus berupaya menyelesaikan sengketa-sengketa di seluruh penjuru Indonesia. Tentunya Kementerian ATR/BPN akan terus berupaya menghadirkan keadilan dan kesejahteraan bagi semua pihak,” terang Menteri AHY. 

Sementara Direktur Utama PT KAI Persero, Didiek Hartantyo menyampaikan, rasa terima kasih atas kerja keras berbagai pihak. Apresiasi disampaikan kepada Kementerian ATR/BPN sehingga PT KAI dapat menerima Sertipikat HPL atas aset yang bermasalah sejak 1982. 

Baca juga : Kuartal I-2024, Laba Bersih J Trust Bank Melonjak Tembus Rp 44,02 Miliar

“KAI terus berupaya mengamankan aset negara yang selama ini dikuasai oleh pihak-pihak yang tidak berwenang, dukungan dari Kementerian ATR/BPN ini luar biasa” ujarnya. 

Lebih lanjut, Didiek  terus mengharapkan dukungan dari Kementerian ATR/BPN utamanya dalam hal sertipikasi aset-aset KAI lainnya. 

“Kami akan terus berupaya membangun tata kelola dengan nilai-nilai good governance, juga memberikan pelayanan yang terbaik, sehingga perkeretaapian Indonesia akan terus berkelanjutan,” ujarnya.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.