Dark/Light Mode

Kementerian ATR Dorong Optimalisasi Komunikasi Publik Di Medsos & Online

Jumat, 19 April 2024 16:58 WIB
Pertemuan Satker dalam optimalisasi  komunikasi dan Humas Internal di Jakarta Kamis (18/04/2024),
Pertemuan Satker dalam optimalisasi komunikasi dan Humas Internal di Jakarta Kamis (18/04/2024),

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) berupaya mengoptimalkan peran komunikasi dan hubungan masyarakat (Humas) dalam menyebarkan informasi terkait kinerja Pemerintah melalui media sosial dan online.

"Humas adalah ambasador bagi kementerian. Kita perlu membangun kepercayaan dan dukungan dari publik juga membangun komunikasi yang efektif dengan masyarakat, sehingga masyarakat mendapat informasi yang diperlukan untuk mengakses layanan publik, beserta hak dan kewajibannya," kata Kepala Biro Humas, Lampri.

Ia mengatakan, komunikasi yang efektif menjadi salah satu fokus Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Dengan dukungan dari menteri, Lampri mengatakan, bahwa jajaran bisa menjalankan strategi komunikasi di daerah dengan metode one satker, one media; one day, one post; dan one day, one information. 

Baca juga : Kemenlu Bantah Isu Normalisasi RI & Israel

Kementerian ATR/BPN sudah memiliki aset digital yang bisa dimanfaatkan untuk memublikasikan informasi ke masyarakat. 

“Saat ini kementerian memiliki banyak platform yang bisa kita maksimalkan. Mulai dari website, Instagram, Facebook, YouTube, dan X. Ditambah platform yang dimiliki oleh Satker di seluruh Indonesia," ungkap Lampri.

Berdasarkan data, Kementerian ATR/BPN sendiri memiliki total 516 website yang bisa diakses, 516 akun Instagram, 515 akun Facebook, 502 akun X, dan 497 akun YouTube. Semua platform tersebut dijalankan oleh masing-masing Satker untuk memublikasikan kegiatan dan program di daerah terkait.

Baca juga : Kebut Optimalisasi Lahan, Kementan Gelar Tanam Padi Perdana Di Kalteng

Pada kesempatan sama, Tenaga Ahli Menteri Bidang Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Publik, Herzaky Mahendra Putra memberikan saran langkah strategis dalam menjalankan Optimalisasi Eksistensi. 

Menurutnya, Satker yang tersebar di seluruh Indonesia inilah potensi besar yang harus dimanfaatkan.

"Bisa bayangkan, jika seluruh Satker menjalankan fungsi komunikasinya dengan baik. Berapa informasi yang terpublikasi setiap hari dan berapa banyak orang atau masyarakat yang bisa mendapatkan informasi terkait Kementerian ATR/BPN," tuturnya. 

Baca juga : Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum Bagi Implementasi Kurikulum Merdeka

Herzaky menegaskan, bahwa sebaran informasi yang semakin pesat dan masif akan menjadi sebuah kinerja organik untuk kemajuan Kementerian ATR/BPN. 

"Jika ini bisa berjalan sesuai jalurnya, tentu menjadi suatu kinerja organik yang sangat luar biasa," tegasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.