Dark/Light Mode

Plt Otorita IKN Basuki Sebut Persiapan HUT RI Di IKN Sudah Capai 90%

Kamis, 6 Juni 2024 22:47 WIB
Persiapan upacar kemerdekaan RI 79 tahun di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.
Persiapan upacar kemerdekaan RI 79 tahun di Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.

RM.id  Rakyat Merdeka - Persiapan HUT Kemerdekaan RI Ke 79 tahun di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secara keseluruhan dinyatakan siap.  Progres persiapan di lapangan sudah mencapai 90 persen.

Kesiapan itu diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono usai Rapat Kerja dengan Komisi V DPR , Kamis (6/6).

"Secara keseluruhan sudah bisa dinyatakan siap, saya kira 90 persen. Nanti Juli Presiden Jokowi akan ke IKN lagi untuk melakukan pengecekan final," ujar Basuki.

Baca juga : Jokowi Yakini Persiapan Upacara HUT RI Ke-79 Di IKN Hampir Final

Ia mengatakan, Presiden akan melakukan pengecekan satu per satu seperti lokasi dan tata urutnya terkait perayaan HUT Kemerdekaan RI di IKN. Untuk sutradara HUT Kemerdekaan RI di IKN dipercayakan  ke Wishnutama Kusubandio dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Sudah dicek satu per satu oleh Presiden. Jadi semua sudah siap, panggungnya kayak apa, tendanya kayak apa supaya kelihatan istana dan kantor presiden, di mana tata urutannya insyaallah sudah siap," katanya pula.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini  juga menyampaikan bahwa pada Agustus nanti 12 tower rumah susun (rusun) ASN di IKN sudah fully furnished untuk ditempati para peserta upacara. Sedangkan rumah tapak jabatan menteri juga nanti sudah selesai, sehingga bisa ditempati. Kemudian istana presiden sudah selesai.

Baca juga : Menteri Basuki: Presiden Jokowi Akan Ngantor Di IKN Akhir Juni-Awal Juli

Basuki juga mengungkapkan, mantan pimpinan Otorita IKN Bambang Susantono dan Wakil OIKN Dhony Rahajoe tetap diundang upacara 17 Agustus 2024 di IKN nanti.

“Meski taknlagi pimpin Otorita, mereka akan diundang dalam HUT Kemerdekaan RI di IKN,” katanya

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, perayaan HUT Ke-79 RI di IKN akan dibuat lebih istimewa dari perhelatan sebelumnya.

Baca juga : Menteri Basuki Sebut Ritual Pemurnian Air Jadi Ajang Promosi Wisata Bali

Persiapan lebih istimewa digelar karena HUT Ke-79 RI menjadi peringatan kemerdekaan pemungkas di masa jabatan Presiden Jokowi.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.