Dark/Light Mode

Menteri Basuki: Presiden Jokowi Akan Ngantor Di IKN Akhir Juni-Awal Juli

Senin, 3 Juni 2024 15:00 WIB
Foto: Sekretariat Presiden.
Foto: Sekretariat Presiden.

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada akhir Juni atau awal Juli mendatang.

Hal itu diungkapkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Basuki yang ditunjuk menjadi Plt Kepala Otorita IKN menggantikan Bambang Susantono yang mengundurkan diri menyatakan, Kepala Negara akan berkantor di IKN setelah pasokan air baku tersedia.

Baca juga : Bertolak ke Riau, Presiden Jokowi akan Resmikan Sejumlah Infrastruktur

“Juni ini air sudah masuk. Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan, kita instal. Ini tanggal 3 Juni diambil (pompanya), 7 Juni air sampai di Balikpapan, diinstal, mudah-mudahan akhir Juni atau awal Juli," ungkap Basuki, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (3/6/2024).

Sebelumnya, Kepala Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga mengatakan, Istana Negara dan Kantor Presiden di IKN sudah fungsional pada Juli 2024.

Danis memastikan bahwa setiap bangunan di IKN, termasuk Istana Negara dan Kantor Presiden, sudah tersedia air, listrik, dan internet.

Baca juga : Presiden Jokowi: Pak Dirut PLN Sanggupi Terangi Muratara

Kementerian PUPR sedang menyiapkan air baku dari intake Sepaku, Penajam Paser Utara, Kaltim, yang dipasang dan sudah disiapkan jaringan pipanya dengan dimasukkan ke multi utility tunnel (MUT).

Selain itu, untuk listrik, PLN sudah menyiapkan pasokan listrik yang bersumber dari pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) sekitar 50 megawatt.

Kemudian dari Telkom terkait sarana telekomunikasi, yakni internet, dimasukkan ke boks MUT, Dan nantinya akan terhubung ke setiap kavling-kavling bangunan.

Baca juga : Gerindra Apresiasi Jokowi-Puan Mesra Di WWF Bali

Kementerian PUPR memastikan pembangunan Istana Negara, lapangan upacara, kawasan istana, dan Kantor Presiden tetap sesuai target, serta diharapkan bisa selesai dan dapat dimanfaatkan untuk Upacara HUT Kemerdekaan pada 17 Agustus 2024 di IKN.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Nusantara.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.