Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Luhut: Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai 2021

Jumat, 15 November 2019 18:08 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) bersama Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kanan) menjelaskan soal pemindahan ibu kota. (Foto: Ist)
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) bersama Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (kanan) menjelaskan soal pemindahan ibu kota. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menargetkan, pembangunan fasilitas dasar di ibu kota baru, Kalimantan Timur, akan terealisasi selambat-lambatnya awal 2021. Dalam satu tahun mendatang, pemerintah bakal menggeber penyelesaian masterplan, regulasi hingga mematangkan perencanaan.

“Kami sepakat perencanaan harus selesai setahun. Semua pemindahannya akan dilakukan dengan matang,” ujarnya dalam rapat pembahasan Ibukota Negara di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Jakarta, Jumat, (15/11).

Baca juga : Jokowi Ciptakan Sentra Ekonomi Baru Di Daerah

Luhut menilai, pemerintah dapat menyelesaikan pemindahan ibu kota baru tahap pertama pada 2024. Selama tiga tahun, pemerintah akan membangun fasilitas dasar dan memenuhi akses utama menuju ibu kota.

Adapun saat ini, Luhut mengatakan pemerintah sedang menyiapkan pembentukan Badan Otorita Persiapan Pemindahan dan Pembangunan Ibu Kota Negara. Luhut memastikan badan yang mengurusi pemindahan ibu kota tersebut akan diisi oleh kalangan profesional.

Baca juga : INACA Dukung Program Pembangunan Bali Baru

“Kami sepakat Badan Otorita tidak diisi oleh birokrat. Kalau bisa kasih ke profesional,” ujarnya. 

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, sebelum membentuk Badan Otorita, pemerintah akan terlebih dulu merancang draf regulasi berbentuk peraturan perpres yang mengaturnya. Draf Perpres Badan Otorita ditargetkan selesai sebelum mengancik akhir tahun.

Baca juga : Pengusaha Baja Lokal Dukung Jokowi Percepat Pembangunan Ibu Kota Baru

Pemerintah berencana merampungkan masterplan pembangunan ibu kota baru pada akhir 2019. Presiden Joko Widodo dalam beberapa kali kesempatan mengatakan pemerintah membutuhkan investasi sekitar Rp 466 triliun untuk membangun ibu kota baru. Pendanaannya berasal dari kerja sama pemerintah dan badan usaha dan sebagian lainnya disokong oleh APBN. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.