Dark/Light Mode

Larang Ajarkan Intoleransi

Menag Imbau PTKI Kembangkan Moderasi Beragama

Senin, 18 November 2019 14:00 WIB
Menteri Agama Fachrul Razi. (Foto: Kemenag)
Menteri Agama Fachrul Razi. (Foto: Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menag Fachril Razi hari ini, Senin (18/11) bersilaturahim dengan civitas akademika UIN Ar-Raniry dan Ulama Aceh. Hadir juga, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah.
Di hadapan ratusan undangan yang memadati auditorium UIN Ar-Raniry, Menag menegaskan bahwa DNA Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah Islam Rahmatan lil Alamin. 

"Tidak boleh ada dalam kampus PTKIN kita yang mengajarkan ajaran intoleransi, apalagi pemahaman keagamaan yang sempit dan merasa dirinya paling benar sendiri terhadap hal-hal yang sifatnya Ijtihadiyyah-furuiyyah, bukan hal pokok dalam agama," tegas Menag di Banda Aceh, Senin (18/11).

Baca juga : Japnas Siap Kembangkan Potensi Alam Jambi

Menurut Menag, insan kampus harus menjadi teladan dalam sikap dan kemampuan mengapresiasi keragaman ijtihad atau perbedaan pendapat  antar para ulama. 
"Cari titik temu, bukan me-"peruncing”-nya dan harus dapat memisahkan, mana yang merupakan perintah agama yang wajib, sunnah, mubah dan seterusnya dan mana yang merupakan adat dan budaya semata," tuturnya.

Menag menegaskan bahwa PTKI adalah basis pengembangan moderasi beragama. Apalagi, moderasi beragama sudah dimasukan dalam RPJMN 2020-2024. Menag bersyukur bahwa rumah moderasi beragama kini telah banyak dibuat di beberapa PTKIN sebagai Center of Excellence dalam penguatan Islam Wasathiyyah. 

Baca juga : INACA Dukung Program Pembangunan Bali Baru

"Sekali lagi, saya tegaskan bahwa PTKIN harus berada di “garda terdepan” dalam memperkuat ajaran Islam yang memberikan rahmat bagi seluruh alam, menjaga kohesi sosial, memperkuat persatuan, mengikis intoleransi yang masih terjadi di dalam bangsa ini," tandasnya.

Kemenag membina 58 PTKI Negeri dan ratusan PTKI Swasta. PTKIN terdiri atas 17 Universitas Islam Negeri (UIN), 34 Institut Agama Islam Negerii (IAIN), dan 7 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN). Kemenag juga sedang membangun Perguruan Tinggi Islam bertaraf Internasional, yakni Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII). [SRI]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.