Dark/Light Mode

Dunia Penerbangan Indonesia Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Rabu, 11 Desember 2019 18:44 WIB
Terminal Operation Center, Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas Kemenhub)
Terminal Operation Center, Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Humas Kemenhub)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dunia telah menghadapi revolusi industri 4.0, konsep automisasi oleh mesin tanpa tenaga manusia dalam pengaplikasiannya. Revolusi ini mengefisiensikan waktu, tenaga, dan biaya.

Industri penerbangan Indonesia saat ini juga telah mengadopsi revolusi industri 4.0. Antara lain melalui transformasi digital layanan terhadap pelayanan dan keamanan bagi para penumpang dan stakeholder terkait, di Bandara Soekarno Hatta.

Terkait hal ini, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti mengapresiasi terobosan yang dilakukan Bandara Soekarno Hatta, sebagai bandara terbesar di Indonesia dan salah satu bandara yang masuk dalam urutan 18 kategori bandara tersibuk di dunia tahun 2018.

“Kami mengapresiasi perubahan besar yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta atas transformasi melalui digitalisasi pelayanan dan keamanan industri penerbangan. Semua hal ini dilakukan untuk mengikuti perkembangan teknologi, yang berkembang sangat cepat di dunia saat ini,” ujar Polana.

Baca juga : Jadi Andalan Indonesia, Rory Hie Terus Cetak Prestasi

Bandara Soekarno Hatta diharapkan dapat menjadi role model untuk bandara lain, sehingga dapat mengikuti transformasi digitalisasi yang telah diterapkan.

“Kami mendorong tidak hanya Bandara Soekarno Hatta yang bertransformasi untuk menghadapi revolusi 4.0. Kami berharap, bandara-bandara lain juga dapat mengikuti terobosan yang telah dilakukan Bandara Soekarno Hatta. Terutama, bandara-bandara besar yang ada di Indonesia,” tutur Polana.

Bandara Soekarno Hatta telah menerapkan transformasi digital untuk aspek pelayanan dan operasional, di antaranya:

Airport Operation Control Center

Gedung AOCC (Foto: Humas Hubud)

Baca juga : Indonesia dan INBAR Sepakat Tingkatkan Produksi Rotan dan Bambu

Gedung AOCC terletak di komplek Bandara Soekarno Hatta Personel yang bertugas di Gedung AOCC berasal dari Otoritas Bandara Wilayah I Soekarno Hatta, PT. Angkasa Pura II, Bea dan Cukai serta seluruh stakeholder penerbangan di wilayah Soekarno Hatta.

Terminal Operation Center (TOC)

TOC yang terletak di seluruh terminal di Bandara Soekarno Hatta, adalah pos komando untuk memantau unit operasional, keamanan dan pelayanan berjalan dengan baik.

Self Boarding Gate

Baca juga : Royke Tumilaar Siap Nakhodai Bank Mandiri

Bandara Soekarno Hatta telah menyediakan self boarding gate di Terminal 3 Soekarno-Hatta, agar operasional maskapai dapat lebih efisien dan efektif. Nantinya, akan semakin bertambah lagi pelayanan digital yang diterapkan di Bandara Soekarno Hatta. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.