Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dipimpin Plt Dirut

Garuda Indonesia Semoga Bisa Kembali Terbang Tinggi

Sabtu, 7 Desember 2019 12:54 WIB
Plt Dirut Garuda Indonesia, Fuad Rizal (Foto: humas Garuda)
Plt Dirut Garuda Indonesia, Fuad Rizal (Foto: humas Garuda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Keuangan dan Manajemen Resiko Garuda Indonesia, Fuad Rizal ditunjuk menggantikan I Gusti Ngurah Askhara sebagai Dirut Garuda Indonesia.

Keputusan ini diambil Dewan Komisaris Garuda Indo nesia dalam SK De wan Ko misaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 per tanggal 5 Desember 2019. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Fuad sementara menggantikan Askhara yang terlibat dalam dugaan penyelundupan Harley Da vidson dan sepeda Brompton melalui pesawat Garuda. 

Baca juga : SK Sudah Terbit, Plt Dirut Garuda Fuad Rizal Rangkap Jabatan

“Sudah kami konfirmasi, pelaksana tugas (Plt) Dirut Garuda diisi oleh Direktur Keuangan Garuda,” jelas Budi Karya di Jakarta, kemarin. 

Budi Karya menegaskan, perubahan jabatan itu tidak mempengaruhi faktor keselamatan penerbangan Garuda. Karena, pengawasan keselamatan penerbangan masih ditangani oleh Direktur Ope rasi dan Direktur Teknik. 

“Safety itu domainnya direktur operasi dan direktur maintenance. Jadi nggak ada masalah,” jelasnya. 

Baca juga : Ari Askhara Dicopot Dari Dirut Garuda, PHRI Gembira Banget

Staf Khusus Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Arya Sinulingga mengatakan, salah satu pertimbangan menunjuk Fuad karena yang bersangkutan tak ikut dalam penerbangan Garuda yang membawa Harley selundupan, 17 November lalu.“Pak Fuad nggak ada di penerbangan, kita ingin operasional jalan juga,” ujarnya. 

Selain itu, kata Arya, Fuad adalah orang keuangan sehingga dianggap mampu menjalankan roda perusahaan. 

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan menegaskan, penetapan Fuad Rizal Sebagai Plt. Direktur Utama akan berlaku hingga dilaksanakannya Rapat Umum Pe me gang Saham Luar Biasa (RUPSLB) dalam waktu dekat. 

Baca juga : Ini Dua Surat Yang Dipake Menteri BUMN

Terpisah, Ketua Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) Zainal Muttaqin mengungkapkan, sejumlah borok kepemimpinan Askhara selama menjabat dirut Garuda. Di antaranya, sebut Zainal, Ari pernah memalsukan laporan keuangan perusahaan pada 2018 dan mengubah angka yang tadinya rugi menjadi untung. 

Keputusan kontroversial lain, menyuguhkan live music di pesawat, pengalihan rute penerbangan dari Jakarta-London dan Jakarta-Amsterdam melalui Denpasar, larangan foto dan video dalam pesawat terhadap penumpang dan terakhir penyelundupan Harley Davison. 

Pihaknya juga meminta Kementerian BUMN mengusut tuntas keterlibatan jajaran direksi lain yang berupaya melakukan hal serupa. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.