Dark/Light Mode

Rawan Kecelakaan

Menhub Larang Pemudik Nataru Naik Sepeda Motor

Kamis, 19 Desember 2019 15:26 WIB
Menhub Budi Karya saat memberikan keterangan persiapan Libur Natal dan Tahun Baru.
Menhub Budi Karya saat memberikan keterangan persiapan Libur Natal dan Tahun Baru.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta masyarakat tidak lagi melakukan perjalanan mudik maupun liburan keluar kota saat Natal dan Tahun Baru dengan menggunakan sepeda motor.

Menhub menyarankan masyarakat untuk beralih menggunakan transportasi bus atau kereta api.

Baca juga : Jokowi: Nggak Sampai 10 Tahun Lagi, Bandara Syamsudin Noor Harus Diperluas

"Kami juga terus berkoordinasi dengan Polri untuk melakukan imbauan dan pelarangan kepada masyarakat agar tidak melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan sepeda motor. Karena sangat rentan mengalami kecelakaan dan 70 persen angka kecelakan merupakan kecelakaan motor," katanya usai membuka pokso angkutan Natal dan Tahun Baru di kantornya, Jakarta, Kamis (19/12).

Untuk menurunkan jumlah kecelakaan sepeda motor, Kemenhub menggelar program Mudik Gratis sebanyak 55 bus bagi 2.475 penumpang dengan tujuan Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Baca juga : Sri Mulyani Minta Omnibus Law Segera Dikebut

"Saat ini, angka penjualan tiket kereta api baru mencapai 57 persen, jadi masyarakat bisa memanfaatkan angkutan massal yang masih tersisa," ujarnya.

Terkait keamanan pada masa penyelenggaraan Angkutan Natal dan Tahun Baru, Kemenhub telah melakukan penambahan personil keamanan pada fasilitas sarana dan prasarana transportasi seperti terminal, bandara, pelabuhan, dan stasiun kereta api.(KPJ)

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.