Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Normalisasi Sungai Lambat

Banjir Dimana mana, Basuki Kecewa Sama Anies

Rabu, 1 Januari 2020 19:41 WIB
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau beberapa titik banjir di Jakarta dan sekitarnya menggunakan helikopter dari Monumen Nasional (Monas) pada Rabu (1/1/).
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau beberapa titik banjir di Jakarta dan sekitarnya menggunakan helikopter dari Monumen Nasional (Monas) pada Rabu (1/1/).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku, kecewa kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan lantaran normalisasi sungai Ciliwung yang baru dilakukan sepanjang 16 kilometer (km) dari total 33 km.

"Mohon maaf Pak Gubernur Anies, selama penyusuran kali Ciliwung ternyata sepanjang 33 km itu yang sudah dinormalisasi baru 16 Km,"kata Basuki di Monas, Jakarta Rabu (1/1).

Baca juga : Tanggap Bencana Banjir Bandang di Sigi, Pertamina Salurkan Bantuan

Saat ini, kata Basuki wilayah sungai yang sudah dinormalisasi terlihat tidak tergenang banjir sama sekali, namun wilayah yang belum dinormalisasi tergenang air."Di 16 km itu kita lihat aman dari luapan, tapi yang belum dinormalisasi tergenang air," ungkapnya.

Untuk itu, ke depan, Kementerian PUPR bersama kementerian terkait bakal mengintensifkan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar daerah yang terendam banjir ke depan dapat lebih berkurang dari jumlah saat ini.

Baca juga : Dirawat Inap Lagi, Ria Irawan Banjir Doa dan Dukungan Netizen

"Saya harus diskusikan dengan Gubernur untuk membuat program percepatan normalisasi. Termasuk di kali Pesanggarahan juga dengan sodotan kali Ciliwung ke Banjir Kanal Timur, beliau mengambil langkah-langkah untuk pembebasan lahannya karena dari total 1,2 km, 600 meter di antaranya sudah kita kerjakan," ujarnya.

Menurutnya, izin pembebasan lahan dari masyarakat sangat dibutuhkan demi kepentingan bersama."Kami menunggu kesepakatan dengan masyarakat. Alhamdulillah menurut Pak Anies masyarakat sudah diskusi dan Insya allah bisa menerimanya. Mudah-mudahan bisa kita tangani segera,”harapnya. [NOV]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.