Dark/Light Mode

RUPSLB 22 Januari

Tiga Calon Dirut Garuda Adu Kuat

Senin, 13 Januari 2020 21:32 WIB
Model kabin pesawat Garuda Indonesia terbaru, Airbus A330-900. Foto: Twitter @Aviation_Pics
Model kabin pesawat Garuda Indonesia terbaru, Airbus A330-900. Foto: Twitter @Aviation_Pics

RM.id  Rakyat Merdeka -
Pemerintah lewat Kementerian BUMN akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luara Biasa (RUPSLB) PT Garuda Indonesia Tbk pada 22 Januari. Agendanya pergantian direktur utama, direksi, hingga komisaris.

Staf Khusus Menteri BUMN, Arya Sinulingga mengungkapkan, sosok calon direktur utama Garuda yang diinginkan oleh pemerintah.

"Yang pasti dirutnya mengerti keuangan. Pasti itu nggak mungkin nggak. Kuat finance-nya. Kuat manajemen. Profilnya mudah-mudahan bisa bereskan Garuda," katanya di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Senin (13/1).

Baca juga : Mantan Dirut PT INTI Jadi Kandidat Dirut Garuda

Arya memastikan meski banyak nama dari calon direktur utama yang dipersiapkan dari eksternal, struktur baru dalam direksi yang akan dibentuk tidak secara keseluruhan akan berasal dari orang-orang eksternal. Beberapa pejabat di manajemen Garuda Indonesia akan diambil dari internal yang masih ada saat ini.

Arya mengatakan, pihaknya akan mencari calon terbaik. Tujuannya, membuat kinerja keuangan Garuda tidak merugi lagi.

Pada kesempatan itu, Arya ditanyai seputar nama-nama calon dirut Garuda yang beredar, mulai dari Ignasius Jonan, Juliandra Nurtjahjo, hingga Irfan Setiaputra.

Baca juga : Ini Syarat Dirut Garuda Versi Menhub BKS

Soal Jonan, Arya mengatakan sampai hari ini nama eks menteri ESDM ini belum masuk. Sementara Juliandra dia juga mengatakan belum mendengar nama tersebut.

Bagaimana Irfan? "Nanti kita lihat," ujarnya.

Memang Irfan sudah beberapa kali berdiskusi dengan Kementerian BUMN, namun belum ditentukan penempatannya akan di BUMN mana. Yang pasti, Arya mengatakan sudah ada tiga calon dirut Garuda yang akan dipilih untuk RUPSLB 22 Januari 2020 nanti.

Baca juga : Erick Mulai Godok Calon Dirut Garuda Indonesia

Siapa saja ketiga calon tersebut?

"Ada yang berpengalaman di airlines. Ada yang butuh kekuatan di finance. Ada yang kekuatan finance manajemen. Kita tunggu tanggal 22. Yang pasti bahwa orang tak terkontaminasi permasalahan Garuda," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.