Dark/Light Mode

Pastikan Siap Pakai, Menteri Muhadjir Jajal Lintasan Atletik di Mimika Sport Center

Sabtu, 25 Januari 2020 21:39 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy menjajal lintasan bersama para atlet di Mimika Sport Center, yang akan menjadi salah aatu venue PON 2020. (Foto: Humas PMK)
Menko PMK Muhadjir Effendy menjajal lintasan bersama para atlet di Mimika Sport Center, yang akan menjadi salah aatu venue PON 2020. (Foto: Humas PMK)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua telah sukses merampungkan 10 dari total 12 venue cabang olahraga (cabor), yang dipertandingkan dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020.

Venue tersebut akan dikhususkan untuk cabor aeromodeling, terbang layang, terjun payung, atletik, bola basket 3x3 dan 5x5, bola tangan, futsal, judo, dan tarung derajat.

Sedangkan dua lainnya yaitu panjat tebing dan biliar, masih terus dikebut pengerjaannya agar sesuai target.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau langsung beberapa venue tersebut. Antara lain venue cabor atletik di Mimika Sport Center, venue bola basket 3x3 dan 5x5 di GOR Basket Mimika Sport Center, dan arena futsal di GOR Futsal Mimika.

Baca juga : Bamsoet dan Sandi Dilantik Jadi Dewan Pembina E-Sport Indonesia

Tak sekadar meninjau, guna memastikan kualitas salah satu venue yang telah dinyatakan rampung 100 persen dan siap pakai yaitu venue atletik, Menteri Muhadjir mencoba langsung track lintasan atletik di Mimika Sport Center.

Ia berlari satu putaran atau sejauh 400 m, bersama sejumlah atlet atletik Papua yang sedang menjalani Training Center di Mimika.

"Untuk venue, Mimika ini hampir bisa dibilang 100 persen siap. Saya sudah cek. Yang belum ditinjau, hanya tempat akomodasinya saja. Tapi saya yakin, di sini semua sudah dipersiapkan sebaik-baiknya," ujar Menteri Muhadjir, usai menjajal lintasan atletik di Mimika Sport Center, Sabtu (25/1).

Ia pun menegaskan bahwa secara keseluruhan, persiapan fasilitas venue dan sarana prasarana di Kabupeten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke sudah berjalan secara maksimal.

Baca juga : Sambangi Gandul, Menteri ESDM Pastikan Listrik Nataru Aman

Artinya, proses pembangunan yang ditargetkan selesai pada akhir Juni, optimis dapat tercapai.

"Paling, di Jayapura saja, kita masih harus kerja keras. Terutama, untuk pembangunan sarana dan prasarana. Tapi, kalau masih ada tempat yang belum benar-benar selesai, itu karena memang cabornya banyak," tukasnya.

Menteri Muhadjir berpesan, agar venue yang sudah selesai dibangun, dapat zegera dimanfaatkan untuk persiapan uji coba para atlet. Semakin cepat selesai, akan semakin baik dalam mengasah kemampuan dan kesiapan atlet. Khususnya, yang berasal dari Papua.

Berdasarkan SK Ketum KONI No. 100/2019, Presiden telah menyetujui jumlah cabor yang dipertandingkan sebanyak 37 cabor, 56 disiplin cabor, dengan kuota 6.442 orang.

Baca juga : Netizen Dukung Menpolhukam Jarang Aktif di Twitter

"Itu sudah kesepakatan dan ada evaluasi bertahap. Kemungkinan, ada penambahan cabor-cabor. Tapi, tidak dipertandingkan di Papua. Jadi, nanti kita cari provinsi yang memang bersedia. Sekali lagi, itu masih tentatif. Menunggu arahan dari Bapak Presiden," pungkas Muhadjir. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.