Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dikawal Ketua Komisi V DPR, PUPR Resmikan 4 Rusun Di Sintang

Jumat, 14 Februari 2020 09:10 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Lasarus meresmikan pembangunan 4 Rumah Susun (Rusun) di Kabupaten Sintang, Kamis (13/02).
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Lasarus meresmikan pembangunan 4 Rumah Susun (Rusun) di Kabupaten Sintang, Kamis (13/02).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bersama Ketua Komisi V DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Lasarus meresmikan pembangunan 4 Rumah Susun (Rusun) di Kabupaten Sintang.

Berdasarkan informasi, Basuki bersama rombongan datang pakai pesawat carteran dari Halim menuju Sintang, Adisucipto, Kamis (13/02). Rombongan PUPR dan DPR langsung disambut  oleh Bupati Sintang Jarot Winarno dan  Uskup Sintang Samuel Oton Sidin.

Turut mendampingi, Dirjen Bina Marga, Sugiyartanto, Dirjen Penyediaan Perumahan, Khalawi dan lainnya. 
  
Dalam sambutannya, Basuki mengatakan, pemerintah tetap fokus pada pembangunan infrastruktur untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kualitas SDM. Termasuk di bidang Perumahan.

“Rusun ini dapat memperlancar kegiatan belajar mengajar, meningkatkan semangat belajar dan bekerja, serta membentuk mental hidup bersama untuk menciptakan lingkungan yang berbudaya, beradab, dan menjunjung tinggi nilai moral. Pembangunan rusun ini merupakan pencapaian misi Presiden untuk membangun SDM unggul menuju Indonesia maju,” kata Basuki.

Baca juga : Komisi XI DPR Fokus Penyelesaian Duit Nasabah

Ketua Komisi V DPR, Lasarus mengatakan, rusun Seminari Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang ini dibangun karena keterbatasan prasarana dan sarana dari Seminari. 

“Kondisi ini berat bagi mereka, sehingga tidak heran bila sebelumnya hanya sedikit yang menjadi imam pastor. Rusun ini diharapkan bisa memberikan semangat baru untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,”  

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan terima kasih kepada kementrian PUPR yang telah mengalokasikan pembangunan rusun dan berbagai infrastruktur lainnya di Kabupaten Sintang. 

"Semua ini adalah bukti nyata bahwa negara hadir," ujar Jarot.

Baca juga : Sore Ini, Menhub Dijadwalkan Dampingi Presiden Resmikan Runway 3 Soetta

Adapun rusun yang diresmikan, yakni, Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang,  Rusun Yayasan Kabar Senang Sekolah Tinggi Teologia (STT) Immanuel Sintang, Rusun Rumah Sakit Rujukan Ade Moch Djoen, dan Rusun Ponpes  Agropolitan Nurul Ma’arif.

Rusun Seminari Menengah Santo Yohanes Maria Vianney Keuskupan Sintang berlokasi di Jalan Teluk Menyurai Kecamatan Sintang dikerjakan oleh kontraktor PT. Bumi Aceh Citra Persada dengan anggaran sebesar Rp13 miliar dari APBN TA 2019. Rusun ini terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Kedua, Rusun STT Imanuel Sintang berlokasi di Jl Raya Sintang-Tebelian, Kompleks. Perkantoran, Kabupaten Sintang tersebut dikerjakan kontraktor PT Arlinda Budiman Sejahtera dengan anggaran Rp.12,9 miliar dari APBN TA 2019. 

Rusun yang terdiri dari 2 lantai tipe 24 dengan total 42 unit dapat menampung 168 mahasiwa.

Baca juga : Tinjau Perairan Natuna, Komisi I DPR Dukung Kesigapan TNI-Bakamla

Ketiga Rusun Rumah Sakit Rujukan Ade Moch Djoen berlokasi di jalan Oevang Oeray Kabupaten Sintang dikerjakan PT Teguh Karya Sejati dengan anggaran Rp.12,3 miliar dari APBN TA 2018. 

Rusun terdiri dari 3 lantai Tipe 36 dengan total 42 unit untuk memberikan tempat tinggal bagi tenaga medis dan rumah singgah keluarga pasien.

Keempat Rusun Ponpes Agropolitan Nurul Ma’arif berlokasi di jalan Raya Sintang-Tebelian KM 10 Kabupaten Sintang terdiri atas 3 lantai Tipe 36 Barak dengan jumlah 12 unit dan dibangun pada TA 2017 dengan biaya 9,6 miliar. Ponpes ini dikerjakan kontraktor PT Teguh Karya Sejati

Kementerian PUPR juga memberikan fasilitas pendukung berupa tempat tidur susun dan lemari pakaian, serta sambungan listrik dan air bersih, serta PSU sehingga seluruh telah siap untuk dimanfaatkan. [FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.