Dark/Light Mode

Tito Instruksikan Pejabat BNPP Turun Ke 222 Kecamatan Lokpri

Senin, 24 Februari 2020 10:16 WIB
Mendagri Tito Karnavian/Humas Kemendagri
Mendagri Tito Karnavian/Humas Kemendagri

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang juga Kepala Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Tito Karnavian menginstruksikan jajaran pejabat di lingkungan BNPP turun ke 222 kecamatan Lokasi Prioritas (Lokpri) di perbatasan negara.

Menurut Tito, Lokpri yang terdiri dari kecamatan-kecamatan terluar yang berbatasan dengan negara tetangga harus ditinjau agar BNPP yang mempunyai fungsi koordinasi dapat mengindentifikasikan kebutuhan pembangunan dalam mengupayakan pemerataan pembangunan di penjuru tanah air, khususnya di kawasan perbatasan sebagaimana diamanahkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Baca juga : Lazio 2-1 Inter Milan, Nerrazzuri Turun Pangkat

“Saya sependapat Lokpri dapat ditinjau dan pembangunannya dilakukan secara bertahap dari tahun 2020 sampai 2024 sesuai RPJM Bapak Presiden Jokowi," ujarnya, Sabtu (22/2).

Baru-baru ini Plt Sekretaris BNPP, Suhajar Diantoro, terjun ke Kabupaten yang di wilayahnya terdapat kecamatan perbatasan. Dalam kesempatan tersebut, Suhajar mengidentifikasi usulan kegiatan strategis yang disampaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setempat.

Baca juga : Jokowi Minta Persiapan Tempat Piala Dunia FIFA U-20 Dimatangkan

Berbagai usulan kegiatan strategis berbasis Lokpri akan dibahas bersama Kepala Biro Perencanaan K/L anggota BNPP, selanjutnya dilaporkan kepada Menteri/Kepala BNPP yang akan melaporkan kepada Presiden. Semoga usulan ini dapat dibahas dalam rapat terbatas kabinet, agar segera ditindaklanjuti bersama K/L anggota BNPP.

Berdasarkan pertimbangan keberadaan Koridor Pertumbuhan dan Pemerataan dalam RPJMN Presiden 2020-2024, serta amanah dari Rencana Tata Ruang Kawasan Perbatasan Negara (RTR KPN), dan hasil evaluasi pengelolaan Lokpri periode sebelumnya, terdapat 222 Lokpri yang akan dikelola pada 2020-2024. 

Baca juga : Hindarkan Perang, Trump Kirim Sinyal Mau Damai Dengan Iran

222 Lokpri tersebut terdiri dari 176 Lokpri dalam koridor pertumbuhan dan pemerataan, serta 46 Lokpri di luar koridor pertumbuhan dan pemerataan. Dari segi pengelolaan Lokpri dibagi menjadi dua yaitu Lokpri laut dan Lokpri darat. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.