Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kemenhub Minta Thermal Scanner Dipasang Di Stasiun Dan Terminal

Selasa, 3 Maret 2020 10:43 WIB
Thermal scanner yang dipasang di bandara.
Thermal scanner yang dipasang di bandara.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyusun Standard Operating Procedure (SOP) untuk mengantisipasi penyebaran virus corona khusus di stasiun dan terminal. 

Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi Adita Irawati mengatakan, titik pemantauan yang bakal menjadi prioritas saat ini adalah Jakarta dan Depok.

“Kami akan identifikasi dulu mana yang prioritas. Kan sementara (virus corona) baru diidentifikasi di Jakarta dan Depok. Itu mungkin prioritas kami saat ini," ujarnya di Jakarta, Selasa (3/3).

Baca juga : RI Kemasukan Corona, Kemenhub Perketat Pelabuhan dan Terminal

Menurut Adita, SOP tersebut akan disusun pada hari ini dengan melibatkan Kementerian Kesehatan, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), dan regulator di seluruh bidang. Lalu, Kemenhub akan menginstruksikan operator dan stakeholders untuk menyediakan fasilitas pencegahan virus.

Fasilitas yang mungkin disediakan oleh stasiun dan terminal dalam waktu dekat adalah antiseptik atau disinfektan untuk penumpang. Jika kasus ini meluas, pihaknya memungkinkan bakal menyemprot disinfektan di armada bus maupun kereta.

“Yang jelas kami akan bicarakan dulu dengan Kementerian Kesehatan dan operator. Hal itu akan kami putuskan besok," tuturnya.

Baca juga : Jaksa Agung Minta Penuntutan Dilakukan Sesuai Hati Nurani Dan Keadilan

Sama halnya dengan di pelabuhan dan bandara, Andita mengatakan Kemenhub juga bakal meminta Kementerian Kesehatan memasang alat pendeteksi suhu alias thermal scanner di stasiun dan terminal di beberapa titik. Terkait teknisnya, Adita menyatakan petugas kesehatan akan mengaturnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pengawasan yang dilakukan di bandara dan pelabuhan internasional di Indonesia untuk mencegah masuknya corona ke Indonesia telah dilakukan optimal dan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan melalui KKP yang ada di bandara maupun pelabuhan.

“Bahkan sebelum WHO menetapkan status darurat global wabah virus ini, Kemenhub telah melakukan koordinasi dengan KKP dan seluruh stakeholder terkait baik di bandara maupun pelabuhan untuk memperketat pengawasan masuknya penumpang internasional,” katanya.

Baca juga : Sering Macet dan Ruwet 4 Stasiun Sedang Ditata

Di bandara misalnya, Kemenhub telah membentuk Komite FAL Nasional yang diketuai para Kepala Kantor Otoritas Bandara, khususnya bandara internasional, guna meningkatkan koordinasi stakeholder penerbangan untuk memastikan seluruh stakeholder penerbangan telah menjalankan pengawasan sesuai prosedur yang ditetapkan Kementerian Kesehatan melalui KKP di bandara. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.