Dark/Light Mode

Menteri Erick: Tenang Saja, Stok Beras BULOG Untuk Seluruh Indonesia Aman Terkendali

Rabu, 4 Maret 2020 13:18 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Rizky Syahputra)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir menjamin ketersediaan stok pangan yang dimiliki Perum BULOG. Karena itu, Erick meminta masyarakat agar tidak panik. Terutama, pasca 2 WNI dinyatakan positif virus Corona.

Hal ini dikatakan Erick, saat mengunjungi Komplek Pergudangan BULOG di Kelapa Gading, Jakarta Utara, didampingi Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso, Rabu (4/2).

“Insya Allah stok beras aman. Kecemasan dan panik berlebihan, tidak menjawab persoalan. Pemerintah serius melindungi masyarakat. Kita hadapi bersama. Percayalah, bersatu selalu menguatkan kita," kata Erick.

"Kita saksikan sendiri, BULOG mampu menyediakan beras untuk seluruh masyarakat Indonesia. Dengan stok beras yang tersimpan di unit-unit Gudang BULOG seluruh Indonesia,” imbuhnya.

Baca juga : Menteri Erick: Jangan Panik, Stok Alat Aman, BUMN Farmasi Siap Hadapi Wabah Corona

Hingga saat ini, stok beras BULOG mencapai 1,6 juta ton yang tersimpan di 1.647 unit gudang BULOG, yang tersebar di seluruh Indonesia.

Ketersediaan stok beras juga dipastikan terus bertambah, mengingat akan memasuki musim panen raya. Sehingga, pasokan beras betul-betul aman tersedia bagi kebutuhan masyarakat, dalam situasi apa pun.

Khusus untuk Gudang BULOG di Jakarta, stok beras yang tersedia berjumlah 334 ribu ton. Ini merupakan posisi gudang dengan penguasaan stok terbesar kedua di Indonesia, setelah Jawa Timur.

BULOG memastikan, pihaknya mampu mengatasi kebutuhan lonjakan beras yang tak terduga. Sekaligus meminta seluruh jajaran BULOG mewaspadai lonjakan tersebut, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir stok beras.

Baca juga : Mentan Pastikan Kebutuhan Pokok 2020 Aman dan Terkendali

Soal ini, Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso mengatakan, pihaknya sudah mengeluarkan instruksi ke seluruh jajaran, untuk menyiapkan stok beras yang menjadi tanggung jawab BULOG. Agar bisa selalu tersedia di masyarakat.

“Tidak ada masalah, BULOG menjamin kebutuhan beras tersedia di masyarakat. Meski ada lonjakan permintaan yang tiba-tiba. BULOG akan menggunakan seluruh instrumen yang ada, untuk menjamin ketersedian beras tersebut,” jelas Budi Waseso.

BULOG memastikan, seluruh jaringan yang bekerja sama dengan Perum BULOG sudah menyediakan kebutuhan beras di tingkat lokal.

Baik secara online melalui e-commerce BULOG dengan nama iPANGANANDOTCOM, melalui aplikasi Shopee yang bisa digunakan di 7 kota (Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Medan dan Makassar) maupun secara offline.

Baca juga : Erick Sempat Berpikir Undang Kobe Bryant ke Indonesia, Tapi Ternyata, Kepergiannya Begitu Cepat...

Termasuk, outlet-outlet milik Perum BULOG seperti RPK (Rumah Pangan Kita) yang tersebar di seluruh Indonesia, serta jaringan ritel modern yang ada. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.