Dark/Light Mode

Tangkal Hoax, Informasi Virus Corona Harus Satu Pintu

Senin, 9 Maret 2020 19:33 WIB
Wishnutama Kusubandio
Wishnutama Kusubandio

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio mendukung penyampaian informasi satu pintu terkait wabah Virus Corona baru agar masyarakat, termasuk wisatawan mendapatkan informasi akurat dan tidak simpang siur. 

“Informasi satu pintu terkait wabah Virus Corona baru sanga penting. Hal ini agar masyarakat, dan wisatawan mendapatkan informasi akurat dan tidak simpang siur,” kata Wishnu di Jakarta, Senin (9/03).

Wishnu juga menyampaikan apresiasi dan dukungannya atas penunjukan Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Achmad Yurianto sebagai juru bicara penanganan virus mematikan asal China ini.

“Pemerintah mempunyai pekerjaan rumah besar terkait public relation dan komunikasi yang menenangkan publik agar tidak ada informasi simpang siur yang meresahkan masyarakat,” katanya.

Baca juga : Kasus Blok Muriah, Petronas Harus Patuhi Kontrak

Terlebih, kata Wishnu, dunia pariwisata merupakan sektor yang sangat rentan terhadap isu, persepsi, dan informasi yang beredar. 

Oleh karena itu, komunikasi publik yang akurat dan satu pintu dinilainya sebagai solusi terbaik untuk kepentingan nasional.

“Virus corona menjadi momentum bagi kita semua untuk berbenah, agar semua pihak lebih dewasa dan rasional menyikapi kondisi ini,” katanya.

Wishnu mengajak masyarakat untuk semakin cerdas mengolah informasi dan tidak seketika mempercayai informasi hoaks melainkan melakukan cek dan ricek. 

Baca juga : Pakar WHO: Tak Ada Bukti Virus Corona Bakal Lenyap di Musim Panas

Sementara para pejabat publik disarankan memberikan pernyataan satu suara sehingga tidak membingungkan masyarakat.

Karena itu, Ia berharap soal isu strategis, penyataan resminya harus melalui satu sumber yakni juru bicara atau pejabat yang ditunjuk secara resmi.

Pernyataan tersebut, akan menjadi acuan semua pihak terkait sikap pemerintah secara resmi. Hal itu disebut Wishnutama akan menjadikan komunikasi ke publik berjalan secara lebih efektif.

“Semua informasi melalui jubir. Rakyat mendapatkan informasi yang utuh dan tidak pernah jadi kontroversi,” katanya.

Baca juga : Tangkal Corona, Citilink Tebar Cairan Pembersih Tangan

Menpar juga menyarankan agar semua pihak untuk terus melakukan koordinasi yang baik dan sinergi untuk mendukung kinerja jubir, termasuk kepada para ahli dan instansi terkait agar menyampaikan informasi dan data terkini, sehingga jubir bisa memberikan informasi dan edukasi yang akurat kepada masyarakat dengan informasi yang tidak simpang siur. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.