Dark/Light Mode

Besok Pagi, Pesawat Hercules TNI Yang Ngangkut Alkes Covid-19 Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma

Minggu, 22 Maret 2020 18:06 WIB
Besok Pagi, Pesawat Hercules TNI Yang Ngangkut Alkes Covid-19 Tiba di Lanud Halim Perdanakusuma

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Indonesia melalui Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah menerbangkan tim khusus untuk mengangkut obat-obatan, peralatan dan logistik sebagai prioritas kebutuhan penanganan Covid-19 dari China.

Tim dari anggota TNI diberangkatkan menggunakan pesawat C130 Hercules A-1333 pada Sabtu (21/3) dan telah mendarat di Pudong, Shanghai, Tiongkok pada hari yang sama pukul 21.15 WIB, setelah menempuh sekitar delapan jam penerbangan, dan sempat transit di Bandara Raden Sadjad Ranai, Natuna untuk mengisi bahan bakar.

Baca juga : TNI Kirim Hercules Ke China, Angkut Alkes Penanganan Corona

Pesawat yang dijadwalkan tiba di Lanud Halim Perdanakusuma pada Senin (23/3) pukul 09.30 WIB itu, mengangkut 12 ton kebutuhan prioritas yang terdiri dari alat kesehatan, obat-obatan, alat pelindung diri (APD), alat tes cepat (rapid test), masker dan segala kebutuhan medis lainnya untuk perawat dan pasien covid-19 di Indonesia.

Foto: Humas BNPB

Dalam proses loading kebutuhan prioritas tersebut, petugas darat dan anggota TNI menggunakan protokol yang telah disesuaikan.

Baca juga : Pemerintah Bakal Nambah 1 Juta Kit Alat Uji Corona

Dalam keterangan resmi sebelumnya, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, obat-obatan, APD dan peralatan medis yang menjadi prioritas tersebut merupakan jenis yang sama digunakan untuk penanganan Covid-19 di China dan Korea Selatan. Obat-obatan tersebut telah teruji dan terbukti efektif untuk menangani pandemi Corona.

“Obat dan peralatan ini terbukti efektif digunakan untuk mengatasi virus Corona di China  dan Korea Selatan,” kata Yuri. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.