Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Tengah Wabah Covid-19, BI Pastikan Tugas dan Layanan Publik Berjalan Normal

Minggu, 22 Maret 2020 12:22 WIB
Di Tengah Wabah Covid-19, BI Pastikan Tugas dan Layanan Publik Berjalan Normal

RM.id  Rakyat Merdeka - Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk memastikan terjaganya stabilitas moneter, sistem keuangan, terselenggaranya layanan sistem pembayaran yang aman, lancar, andal, dan efisien, serta memastikan ketersediaan uang rupiah di masyarakat di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko memastikan, tugas dan layanan publik seperti BI Real Time Gross Settlement (BI-RTGS), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), transaksi operasi moneter Rupiah dan valas yang didukung sistem Bank Indonesia Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS) dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP), layanan penarikan dan penyetoran uang Rupiah dari perbankan/PJPUR (Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah), serta layanan transaksi keuangan pemerintah tetap berjalan normal.

Baca juga : Mitigasi Covid-19, BRI Aktifkan Protokol Business Continuity Management

"BI akan tetap memperhatikan dan mempertimbangkan perkembangan-perkembangan yang terjadi terkait penyebaran Covid-19. Kami akan mengumumkan, apabila terjadi penyesuaian dalam kegiatan dan jadwal operasional serta layanan publik," jelas Onny.

Ia menambahkan, BI telah menerapkan dan terus memperkuat langkah-langkah penguatan aspek K3 (Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan Kerja), baik dari sisi pegawai BI, maupun masyarakat/para pihak yang berinteraksi dengan BI. Serta menerapkan imbauan oemerintah untuk menjaga jarak interaksi sosial (social distancing).

Baca juga : Perangi Covid-19, PWI Peduli Galang Dana

Pegawai yang melaksanakan tugas kritikal dan memberikan layanan kritikal, telah bekerja dari beberapa lokasi yang tersebar (split operations).

Sebagian besar pegawai lainnya, saat ini bekerja dari rumah (work from home).

Baca juga : Perangi Covid-19, Pertamina EP Sangasanga Field Bagikan Alat Kebersihan untuk Tempat Ibadah

"BI juga meningkatkan pembersihan dan kebersihan di semua lokasi kerja, termasuk area-area publik perkantoran BI. Selain itu, dalam rangka menjaga dan menjalankan keberlangsungan tugas dan layanan publik yang mengedepankan keamanan dan keselamatan masyarakat, BI terus melakukan koordinasi dan sinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait. Terutama, dalam menempuh langkah-langkah kolektif untuk melakukan pemantauan, asessment, pencegahan dan mitigasi implikasi penyebaran Covid-19," pungkas Onny. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.