Dark/Light Mode

Tangkal Covid-19

Menristek: Jambu Biji Dapat Naikkan Imunitas

Kamis, 26 Maret 2020 13:17 WIB
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. (Ist)
Menteri Riset dan Teknologi (Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil penelitian yang dilakukan Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek BRIN) bekerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi di Tanah Air menyebutkan jambu biji bahan makanan terbaik dalam menghadapi virus corona (Covid-19).

“Sudah dilakukan kajian secara mendalam oleh LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) dan perguruan tinggi bahwa jambu biji bahan makanan yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terbaik dalam menghadapi Covid 19,” ungkap Menteri Riset dan Teknologi (Menristek/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro dalam jumpa pers melalui telekonfrensi, Kamis (25/03).

Baca juga : Perangi Covid-19 di Swiss, Fedex Donasikan Rp 16 Miliar

Bambang mengatakan, penelitian bahan makanan itu bagian dari hasil kinerja Konsorsium Covid 19 dalam mendukung penanganan Covid-19 tersebut. Menurutnya, selain program jangka pendek, pihaknya memiliki sejumlah program jangka panjang seperti mengembangkan vaksin Covid 19.          

Kepala Pusat Studi Biofarma tropika LPPM Institute Pertanian Bogor (IPB) Irmanida Batubara menerangkan, pihaknya dalam melakukan penelitian merujuk pada data pada refrensi ilmiah. 

Baca juga : Ahli Waris Korban Covid-19 Bakal Dapat Santunan Rp 15 Juta Dari Kemensos

Pihaknya mengkaji sejumlah bahan alami potensial yang bisa  menghadapi Covid-19. Dari sejumlah bahan baku, senyawa dalam jambu biji diketahui bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang diperlukan dalam menghadapi virus corona.  

“Selain jambu, madu juga memiliki senyawa yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh yang baik di dalam menghadapi Covid-19,” ungkapnya.

Baca juga : Penanggulangan Covid-19, Sektor Pertanian Juga Harus Dapat Perhatian Khusus

Dia menuturkan, pihaknya tengah melakukan uji klinik memadukan madu dengan jus jambu biji. 

Sekadar informasi, Konsorsium Covid 19 merupakan kumpulan lembaga dan perguruan tinggi yang dibentuk Kemenristek BRIN untuk menanggulangi Covid-19. [SRF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.