Dark/Light Mode

Dukung Penanganan Virus Corona, KSAD Andika Tambah 49 Tenaga Medis RSPAD 

Sabtu, 28 Maret 2020 20:27 WIB
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah depan) (Foto: Istimewa)
Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa (tengah depan) (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa menginstruksikan agar sarana dan prasarana pelayanan Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dalam menangani Covid-19 ditingkatkan.

Salah satunya dengan menambah 49 tenaga medis dari Batalyon Kesehatan (Yonkes) Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad). Instruksi tersebut disampaikan Andika saat melakukan video telekonferensi dengan pejabat RSPAD Gatot Soebroto di Markas Besar Angkatan Darat, Sabtu (28/3).

"Tenaga medis yang berjumlah 49 itu jam 08.00 WIB melapor ke RSPAD, ke Kolonel Dokter Abraham (Arimuko)," kata Andika.

Baca juga : Lawan Virus Corona, Mendes Minta Kades Bentuk Relawan Desa

Jenderal bintang empat itu memerintahkan 49 tenaga medis tersebut tidak boleh diambil dari rumah sakit Komando Daerah Militer (Kodam). Melainkan langsung diambil dari Yonkes Kostrad.

Dengan demikian, total penambahan tenaga medis untuk RSPAD Gatot Soebroto itu berjumlah 90 orang. Selain penambahan tenaga medis, Andika mengungkapkan, pihaknya akan berupaya memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di RSPAD Gatot Soebroto dengan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertahanan.

Dengan harapan, melalui keputusan yang cepat dalam penambahan tenaga medis dan pemenuhan APD, dapat memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Baca juga : Cegah Penyebaran Corona, AFF Batalkan 4 Turnamen

"Ini kan bersifat darurat (emergency), dan kemanusiaan, yang kalian (RSPAD) butuhkan akan kami usahakan, segera dan secepatnya,” pungkas Andika.

Tapi tak hanya itu, Andika mengusulkan agar dilakukannya pemasangan aplikasi video konferensi di setiap ruang isolasi yang ada di (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta. Tujuannya agar proses pemantauan terhadap pasien covid-19 bisa maksimal karena antara staf rumah sakit dan pasien bisa langsung bertukar informasi.

“(Sehingga) reaksi cepat dilakukan untuk mendukung segala kegiatan yang ada di RSPAD dalam penanganan Covid-19,” kata Andika.

Baca juga : Lawan Corona, KLHK Latih Tenaga Medis dan Keamanan

Pada kesempatan itu, melalui video konferensi yang berlangsung di Ruang Pusat Komando Pengendalian (Puskodal) Markas Besar Angkatan (AD), KSAD Andika juga melakukan pengamatan langsung fasilitas ruang isolasi, Unit Perawatan Intensif koroner (CICU), dan juga alat pelindung diri (APD) di RSPAD Gatot Subroto.

Adapun yang mendampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Puskodalad Mabesad adalah: Wakasad, Irjenad, Kasahli Kasad, Aspam Kasad, Asops Kasad, Aspers Kasad, Aslog Kasad, Asrena Kasad, Aster Kasad, Kapuskesad, Danpuspomad, Dirkumad, Dirbekangad, Dirziad, Dirpalad, Dirhubad, Kadisinfolahtad, Kadispenad.

Sementara yang stand by di Puskodal RSPAD Gatot Soebroto adalah: Wakil Kepala RSPAD GS, Ka Komed, Para Dirbin dan Kepala SPI, Para Kadep, Para Kepala Instal, Kepala Rawat Inap, Kepala Rawat Jalan, Ketua MCU, Kepala UGD, RSPAD dan Kepala UGD Kartika, Kepala Pelaksana Kartika, Tim Covid 19, Kepala Bin Yanmasum. [DNU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.