Dark/Light Mode

Dukung RI Lawan Pandemi Covid-19, ADB Setujui Hibah Rp 47,34 Miliar

Sabtu, 21 Maret 2020 07:56 WIB
Foto: Antara
Foto: Antara

RM.id  Rakyat Merdeka - Asian Development Bank (ADB) menyetujui hibah senilai 3 juta dolar AS atau Rp 47,34 miliar untuk mendukung pemerintah Indonesia melawan pandemi virus Corona baru (Covid-19).

Hibah yang dibiayai Asia-Pasific Disaster Response Fund ini, membantu mendanai pembelian berbagai peralatan medis penting, untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia menahan laju penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Baca juga : Tanggap Pandemi Covid-19 Tahap Awal, ADB Siap Kucurkan Dana 6,5 Miliar Dolar AS

Termasuk ventilator dan alat pelindung diri seperti sarung tangan, apron, dan masker bagi tenaga medis.

"ADB berkomitmen mendukung Indonesia dalam upaya pengendalian Covid-19. Bantuan ini akan meningkatkan kemampuan Indonesia untuk melakukan tes terhadap virus, menangani kasus, dan mengurangi risiko penularan di antara tenaga medis,” kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa dalam keterangan tertulisnya, Jumat (20/3).

Baca juga : Wabah Covid-19, Liga Inggris Rugi Rp 13,4 Triliun

“Kami akan terus bekerja sama dengan pemerintah dan berbagai mitra, untuk memberi solusi fleksibel yang membantu Indonesia meminimalkan dampak kesehatan dan ekonomi dari pandemi ini," imbuhnya.

Seiring terus menyebarnya virus ini di Indonesia, pemerintah telah menetapkan wabah Covid-19 sebagai darurat bencana, dan mengambil langkah-langkah sesuai rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Baca juga : Gegara Covid-19, BNP Paribas Open Batal

Sebelumnya, pada 18 Maret 2020, ADB mengumumkan paket awal senilai 6,5 miliar dolar AS, untuk mengatasi kebutuhan segera negara-negara berkembang anggotanya dalam merespons pandemi Covid-19.

ADB yang didirikam pada tahun 1966 dan beranggotakan 68 negara, berkomitmen mencapai Asia dan Pasifik yang makmur, inklusif, tangguh, dan berkelanjutan. Serta terus melanjutkan upaya memberantas kemiskinan ekstrem. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.