Dark/Light Mode

Menkominfo Klaim Aplikasi Zoom Aman Digunakan

Selasa, 7 April 2020 17:50 WIB
Johnny G Plate
Johnny G Plate

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyiapkan aplikasi dalam negeri yang bisa menggantikan platform panggilan video Zoom dalam rapat melalui virtual. 

Namun aplikasi tersebut, dinilai tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni sehingga kemungkinan data rapat bisa tersebar.

Menteri Kominfo, Johnny G Plate memastikan, jaringan komunikasi jenis ini dipastikan aman digunakan. Termasuk kerahasiaan dalam rapat terbatas pemerintah melalui virtual. 

Baca juga : Pasien Positif Covid-19 Kota Bekasi 31 Orang, Ini Sebarannya

Namun, Johnny tidak menjelaskan, secara gamblang apakah pemerintah akan menggunakan aplikasi Zoom untuk pertemuan virtual, atau tidak.

"Komunikasi dengan pemerintah, baik rapat terbatas, harus dijaga dengan baik. Semua rapat bisa dijamin kerahasiannya," kata Johnny.

Pengaturan keamanan untuk rapat dari jarak jauh, seperti dikatakan Johnny, berada di Sekretariat Kabinet.

Baca juga : Mahfud: PP Karantina Wilayah Terkait Corona Sedang Digodok

Selain itu, Kominfo juga sedang menjajaki dua aplikasi yang dapat memberikan layanan konferensi video seperti yang diberikan Zoom.

Johnny menyatakan, operator seluler Telkomsel sedang mengembangkan aplikasi sejenis Zoom untuk rapat virtual.

Kominfo juga sedang mempelajari untuk membuat aplikasi sendiri yang dapat digunakan di lingkungan Kominfo.

Baca juga : Jubir Pemerintah: Vaksin Corona Belum Ditemukan

Aplikasi Zoom, yang banyak digunakan di negara mana pun setelah pandemi virus corona merebak, diduga tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang mumpuni sehingga kemungkinan data tersebar.

Sebelumnya, Intercept melaporkan platform Zoom tidak dilengkapi dengan enkripsi end-to-end sehingga rapat atau dokumen yang dibagikan dalam pertemuan virtual bisa diakses orang lain. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.