Dark/Light Mode

Nggak Lama Lagi, Kita Punya Alat Tes PCR Berbasis Transmisi Lokal

Rabu, 15 April 2020 14:15 WIB
Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Istimewa)
Menristek/Kepala BRIN, Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tak lama lagi, Indonesia akan memiliki alat tes Covid-19 dalam bentuk Polymerase Chain Reaction (PCR), yang berbasis transmisi lokal.

Hal ini dikatakan Menteri Riset, Teknologi dan Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/Kepala BRIN) Bambang PS Brodjonegoro dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta, Rabu (15/4).

Baca juga : DPR Minta Kriteria Napi Yang Dibebaskan Diperketat

"Tidak lama lagi, kita akan punya PCR test kit yang basisnya adalah virus yang merupakan local transmission atau virus Covid-19 yang terjadi di Indonesia," kata Bambang.

Pada dasarnya tes Covid-19 dilakukan melalui dua cara, dalam bentuk PCR dan rapid test. Untuk rapid test, dalam enam pekan ke depan, akan selesai produksi 100.000 unit yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Universitas Gajah Mada (UGM).

Baca juga : Sore Ini, Bantuan 50 Ribu Alat Tes PCR Dari Korsel Tiba di Bandara Soekarno Hatta

Sedangkan PCR test kit berbasis transmisi lokal, merupakan hasil kerja sama BPPT dengan sejumlah perusahaan.

Rencananya, PCR test kit akan melalui pengujian di BPPOM dan Kementerian Kesehatan sebelum diproduksi. Keberadaan alat tes berbasis lokal transmisi tersebut, diharapkan mampu meningkatkan akurasi pengujian terhadap Covid-19. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.