Dark/Light Mode

1,1 Juta Pekerja Pariwisata Layak Dapat Kartu Prakerja

Jumat, 17 April 2020 08:14 WIB
Menteri Kesehatan Wishnutama Kusubandio (kiri) (Foto: IG)
Menteri Kesehatan Wishnutama Kusubandio (kiri) (Foto: IG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama tengah memperjuangkan nasib para pekerja di sektor pariwisata.

Menurutnya, 1,1 juta pekerja di sektor pariwisata layak mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program kartu Prakerja.

Baca juga : Imbas Wabah Covid-19, Pemerimaan Devisa Pariwisata Bisa Anjlok 50 Persen

“Saya telah berkoordinasi dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah terkait bantuan program kartu Prakerja. Selain itu, saya juga berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lain dalam memberikan bantuan lainnya,” ungkap Wishnutama dalam video conference di Jakarta, kemarin.

Seperti diketahui, pemerintah sudah membuka pendaftaran gelombang pertama untuk program kartu Prakerja sejak Sabtu (11/4). Peserta yang akan diterima pada gelombang pertama berjumlah 64 ribu orang.

Baca juga : Jokowi Ramal Sektor Pariwisata Booming Lagi Akhir Tahun Depan

Peserta yang tak terpilih pada seleksi awal bisa mengikuti gelombang kedua.

Secara total, pemerintah akan menyalurkan kartu Prakerja kepada 5,6 juta orang terdampak pemutusan hubungan kerja (PHK) serta pekerja informal, yang pendapatannya tertekan akibat penyebaran virus Corona (Covid-19).

Baca juga : MPR Dukung Pejabat Negara Nggak Dapat THR

Wishnutama menjelaskan, saat ini ada 2,1 juta Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak di sektor pariwisata.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.