Dark/Light Mode

Menkeu: Sampai Akhir Maret, Penerimaan Pajak Turun 2,5 Persen

Jumat, 17 April 2020 12:02 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Rizky Syahputra/RM)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Rizky Syahputra/RM)

 Sebelumnya 
Meski demikian, penerimaan pajak terbantu oleh membaiknya Pajak Pertambahan Nilai (PPN) yang tumbuh 2,5 persen pada akhir Maret 2020, dibandingkan periode sama tahun lalu.

Realisasi penerimaan PPN tercatat sebesar Rp 92 triliun atau 13,4 persen dari target APBN, dibanding akhir Maret 2019 yang hanya Rp 89,8 triliun atau 13,7 persen dari target APBN.

Baca juga : Imbas Wabah Covid-19, Pemerimaan Devisa Pariwisata Bisa Anjlok 50 Persen

"Realisasi PPN ini menggambarkan kegiatan ekonomi yang menggeliat. Menunjukkan adanya akselerasi pada Februari, dan dibayarkan pada Maret," jelas Sri Mulyani.

Realisasi pajak ke depan, dipastikan mengalami perubahan yang signifikan mulai April 2020, seiring makin tingginya ketidakpastian dari Covid-19.

Baca juga : Mentan dan Moeldoko Pantau Ketersediaan Pangan Tiap Provinsi

Selain itu, penghitungan pajak juga nantinya akan terpengaruh oleh pemberian stimulus pengurangan pajak kepada industri manufaktur yang terdampak wabah. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.