Dark/Light Mode

Lampu Surya Gratis

99,9 Persen Rakyat Terlistriki Tahun Ini

Sabtu, 9 Februari 2019 06:06 WIB
Kementerian ESDM Bagikan Seribu Lampu Surya di Pedalaman Yahukimo Papua. (Foto: Istimewa)
Kementerian ESDM Bagikan Seribu Lampu Surya di Pedalaman Yahukimo Papua. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Masih ada sekitar 2.500 desa belum menikmati listrik sama sekali. Sebagai solusi sementara diberikan paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) bagi rumah tak berlistrik di pelosok Tanah Air. Paket yang terdiri dari panel surya, 4  lampu dan baterei serta charger HP telah diberikan untuk lebih dari 250 ribu rumah tak berlistrik. Hingga tahun 2019 ini, kumulatif total yang dibagikan sebanyak 350 ribu rumah.

Baca juga : Jayapura Gempa, Tidak Berpotensi Tsunami

LTSHE telah mampu mengubah hidup masyarakat di wilayah yang sebelumnya gelap gulita. Aktivitas yang biasanya tidak bisa dilakukan di malam hari, seperti belajar, kini bisa diterapkan oleh anak-anak usia sekolah di wilayah-wilayah yang mendapatkan LTSHE.

Baca juga : Neraca Keuangan Perusahaan Negara Dipastikan Aman

“Selama saya mengajar 8 tahun, kami sebagai guru sukarela untuk turut membantu saja. Siswa dari kelas 1 sampai kelas 6  jumlahnya 610 siswa. Saya melihat dari pemerintah pusat, baru kali ini datang membawa lampu surya. Saya sangat berterima kasih. Karena anak-anak sekolah belajar di sekolah saja, dan tidak pernah belajar di kampung atau honai-honai. Saya sangat bersyukur dengan bantuan lampu, yang kini menerangi kampung-kampung kami. Saya harap bahwa mereka juga bisa (menjadi)  anak yang pintar. Anak yang bisa membangun untuk daerah kami,” demikian ungkapan Yosafat Kuebu, Warga Distrik Puldama, Kabupaten Yahukimo, Papua, akhir tahun lalu.

Baca juga : Proyek Migas & Tambang Raksasa Akhirnya Kembali Ke Ibu Pertiwi

PLN juga terus melistriki masyarakat. Tercatat, rasio elektrifikasi saat ini mencapai 98,3 persen. Atau naik 14 persen, dalam 4 tahun terakhir. Tahun 2019 ini, ditargetkan bisa mencapai 99,9 persen. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.