Dark/Light Mode

Soal Bansos Untuk Warga Korban Covid-19

Mensos Disanjung DPR

Sabtu, 25 April 2020 04:39 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara  bersama Dirjen Perlindungan  dan Jaminan  Sosial  Kemensos  Pepen Nazaruddin  (kiri) memberikan bantuan secara  simbolis  kepada  warga di Kantor Pos, Rawamangun, Jakarta, kemarin. (Foto: Indra Hadi/RM)
Menteri Sosial Juliari P Batubara bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin (kiri) memberikan bantuan secara simbolis kepada warga di Kantor Pos, Rawamangun, Jakarta, kemarin. (Foto: Indra Hadi/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Sosial, Juliari Batubara meninjau penyaluran bantuan sosial (bansos) untuk warga yang terdampak pandemi corona (Covid-19) di Kantor Pos Pulo Asem, Rawamangun, kemarin. Ini dilakukan demi memastikan bansos sampai ke warga yang membutuhkan. Apa yang dilakukan Mensos ini mendapat pujian rakyat juga mendapat sanjungan anggota DPR.

Juliari tiba di Kantor Pos Pulo Asem sekitar pukul 4 sore. Berbatik lengan panjang dan bermasker hijau, dia langsung meninjau para kurir PT Pos yang tengah memasukkan paket-paket sembako ke dalam keranjang di motor mereka. Sesekali dia tampak mengecek daftar penerima yang dipegang masing-masing kurir.

Sebelum ke Kantor Pos, Juliari yang didampingi Dirjen Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat menyerahkan bantuan sosial sembako secara simbolis bagi warga lanjut usia di wilayah Jabodetabek sebanyak 4.673 paket di Yayasan Assalam Johar Baru, Jakarta Pusat.

Di Kantor Pos, penyerahan bansos secara langsung juga dilakukan Juliari. Didampingi Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos Pepen Nazaruddin, Juliari juga membagikan 87 paket berisi beras, mie instan, sabun, makanan kaleng, susu, minyak goreng, saus dan kecap secara simbolis kepada Ketua RT dan RW yang mewakili warga. "Kami juga ingin menyerahkan langsung di beberapa tempat. Untuk memastikan bansos sudah diserahkan ke warga yang terdampak," ujarnya.

Baca juga : Jazilul Fawaid: Ramadhan Momentum untuk Kalahkan Covid-19

Sisanya, diantar langsung kurir PT Pos ke masing-masing rumah penerima bansos dengan menggunakan sepeda motor. "Jadi tentunya menggunakan protokol kesehatan," imbuhnya.

Kemensos, memang menggandeng PT Pos sebagai salah satu kurir untuk mengantar bansos bagi 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta yang terdampak wabah corona.

Bansos berupa sembako, disalurkan dua kali sebulan bagi tiap keluarga. Masing-masing paket bernilai Rp 300 ribu. Jadi dalam sebulan, tiap keluarga menerima sembako senilai Rp 600 ribu. Bansos ini akan diterima selama tiga bulan. Dari April hingga Juni. Nantinya, pemberian bansos juga akan dilakukan untuk 600 ribu keluarga di Bodetabek.

Sementara itu, bansos tunai yang akan menyusul kemudian, diberikan kepada 9 juta keluarga di luar Jabodetabek. Nilainya, setara dengan paket sembako yang diterima keluarga di Jabodetabek, yakni Rp 600 ribu per bulan. Durasinya sama, selama tiga bulan hingga Juni.

Baca juga : Kemenag Bantu Janda Terdampak Covid-19

Kepala Kantor Pos Jakarta Timur, Agus Aribowo menuturkan, total bansos yang didistribusikan kemarin sebanyak 7.895 paket. Bantuan tersebut diperuntukkan untuk warga Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung dan Kelurahan Cililitan, Kecamatan Kramat Jati. "Untuk warga di 16 RW Kelurahan Cililitan dan 15 RW di Kelurahan Rawamangun," tutur Agus.

Di Jakarta Timur, Kelurahan yang lebih dulu menerima bansos adalah warga Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung. Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara yang juga diantar kurir PT Pos Indonesia menggunakan sepeda motor operasional. "Dalam satu kali mengantar satu orang petugas bisa mengantar dua paket. Banyak petugas yang dilibatkan, enggak hanya dari Jakarta Timur saja," imbuhnya.

Totalnya, untuk pendistribusian wilayah DKI Jakarta, Pos Indonesia mengerahkan 4.640 karyawan yang ditugaskan untuk melakukan pengantaran dan tenaga administrasi pada lokasi drop point (RW), 240 kendaraan/truk dan 1.500 motor antaran. Seluruh Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tinggal menunggu petugas pengantar Pos Indonesia di rumah masing-masing.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII DPR, Yandri Susanto, mengapresiasi dan memberi dukungan penuh bagi Kemensos dalam melaksanakan jaring pengaman sosial. Khususnya, penyaluran bansos dalam situasi pandemi corona ini.

Baca juga : Galang Dana Perangi Covid-19, Beckham Bikin Undian

"Ini program besar dan tentu sangat bermanfaat untuk masyarakat miskin dan masyarakat terdampak Covid-19. Kami yakin jajaran kemensos di bawah kepemimpinan Mensos Juliari P Batubara dapat melaksanakan tugas besar untuk kemaslahatan banyak umat ini," ujar Yandri, kemarin. Dia berharap, bansos-bansos itu cepat disalurkan. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.