Dark/Light Mode

Airlangga: Harga Gula, Bawang Putih, Dan Bawang Merah Masih Tinggi

Rabu, 13 Mei 2020 22:34 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah terus mengontrol ketersediaan stok dan kestabilan harga bahan pangan pokok dalam menghadapi pandemi Covid-19 dan menjelang Idul Fitri

Untuk beberapa komoditas, kata Airlangga, harganya relatif tetap. Kalaupun terjadi kenaikan atau penurunan harga adalah tidak signifikan. Untuk komoditas yang mendapat perhatian khusus adalah gula pasir, bawang merah dan bawang putih. 

Baca juga : Jelang Lebaran, BNI Siapkan Uang Tunai Rp 10,24 Triliun Per Minggu

Harga gula pasir memang masih agak lebih tinggi daripada yang ditargetkan yaitu senilai Rp 17.650 per kg di pasar tradisional, sedangkan di pasar modern senilai Rp 12.500 per kg. Sementara, harga bawang merah Rp 51.950 per kg dan bawang putih Rp 37.100 per kg.

“Terkait harga gula ada beberapa impor yang jadwalnya tertunda, karena ada beberapa negara yang melakukan lockdown. Namun, kita juga akan mengalihkan gula rafinasi kepada pasar, jadi harga akan bisa ditekan ke bawah,” ujarnya.

Baca juga : Kementan Dorong Percepatan Tanam Bawang Merah

Untuk bawang putih, rencana impor sudah masuk di lapangan berdasarkan data yang ada. Kalau bawang merah tidak ada rencana impor, karena ada daerah di Indonesia yang mampu berproduksi besar.

Airlangga juga menjelaskan pada April 2020 ini berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) terjadi deflasi pangan sebesar 0,13 persen, dan ini menunjukkan permintaan menurun. Tetapi, inflasi bahan pangan pada April 2020 yang sebesar 5,04 persen, lebih tinggi daripada inflasi pada periode sama tahun lalu yang sebesar 2,29 persen.

Baca juga : Antisipasi Jatuhnya Harga Cabe, Kementan Siapkan Sejumlah Jurus

“Jadi, ini masalah distribusi yang perlu didorong (dari sentra produksi ke konsumen). Saya juga ingin mengingatkan untuk (oknum) yang memanfaatkan situasi (menaikkan harga bahan pangan) sudah dimonitor oleh Satgas Pangan, termasuk soal pelelangan gula,” pungkasnya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.