Dark/Light Mode

Bertemu KSAL dan KSAU Baru, Mahfud : Jaga Kedaulatan NKRI

Selasa, 26 Mei 2020 17:45 WIB
Menko Polhukam, Mahfud MD menerima kunjungan KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal, Fadjar Prasetyo di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).
Menko Polhukam, Mahfud MD menerima kunjungan KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal, Fadjar Prasetyo di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (26/5).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD, menerima kunjungan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono dan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal, Fadjar Prasetyo di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (26/5). 

Dalam pertemuan tersebut, Menko Mahfud meminta KSAL menaruh perhatian khusus kepada wilayah Natuna. Yakni dengan terus meningkatkan pengamanan di wilayah tersebut. Khususnya, di bawah Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I.

"Saya berpesan, TNI AL memperhatikan keamanan aktivitas nelayan-nelayan kita di Natuna. Serta mencari terobosan dan kreativitas dalam upaya mempertahankan kedaulatan NKRI di laut," ujar Mahfud MD di Kantornya, Jakarta.

Baca juga : Ini Pandangan Pakar Militer untuk KSAL dan KSAU Baru

Sementara Kepada KSAU, Menko Polhukam berpesan untuk memperkuat pengamanan wilayah udara di wilayah perbatasan di tengah keterbatasan sumber daya yang tidak ideal.

"Kedaulatan udara harus dijaga. Harapan saya TNI AU tetap menjaga daya juang," kata Mahfud. 

Menko Polhukam juga menilai, pemilihan KSAL dan KSAU sangat tepat. Keduanya berpengalaman dalam menjaga wilayah pada tugas masing-masing yang diemban sebelumnya. 

Baca juga : Ketua MPR: Almarhum Djoko Santoso Loyal Jaga Keutuhan NKRI

Yudo Margono sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I. Sedangkan Fadjar Prasetyo menjabat Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan II.

Presiden Jokowi pun melantik Laksamana Madya TNI, Yudo Margono sebagai KSAL dan Marsekal Madya TNI, Fadjar Prasetyo sebagai KSAU di Istana Negara, Jakarta, Rabu (20/5). 

Yudo menggantikan Laksamana Siwi Sukma Adji yang memasuki masa pensiun pada, Mei 2020 ini. Sedangkan Fadjar menggantikan Marsekal, Yuyu Sutrisna yang akan pensiun pada Juni 2020. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.