Dark/Light Mode

Dewan Kehutanan Nasional Perkuat Kebijakan KLHK

Minggu, 14 Juni 2020 11:14 WIB
Ketua Presidium DKN, Bambang Hendroyono
Ketua Presidium DKN, Bambang Hendroyono

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Presidium Dewan Kehutanan Nasional (DKN), Bambang Hendroyono meminta seluruh anggota DKN menguatkan kiprahnya untuk mendorong pengelolaan sektor kehutanan dan lingkungan hidup di Indonesia semakin baik.

DKN merupakan mitra strategis Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Sebagai organisasi yang terdiri dari para rimbawan yang terbagi menjadi lima kamar, yaitu Kamar Pemerintah, Kamar Masyarakat, Kamar LSM, Kamar Bisnis dan Kamar Akademisi. Kiprah DKN diharapkan bisa mencapai level tertingginya dalam menjaga kearifan lokal di LHK.

"Saya berharap ke depan, DKN dapat berkontribusi memberikan saran dan masukan dalam perumusan kebijakan pemerintah utamanya di KLHK," ujar Bambang memberikan arahannya pada Halal bihalal secara virtual dengan seluruh pengurus DKN se-Indonesia, Sabtu (13/06).

Bambang akan menjembatani kerja sama KLHK dengan DKN menjadi semakin baik. 

Baca juga : Laporan Keuangan Baznas Sabet Predikat Wajar

"DKN dikukuhkan dalam keputusan Menteri LHK, Siti Nurbaya, karena DKN adalah mitra kerja strategis KLHK," tuturnya.

Pada masa kepemimpinannya, DKN akan diarahkan untuk bekerja selaras dengan arah kebijakan nasional yang mengedepankan kepentingan masyarakat. 

Keberadaan kamar masyarakat dan LSM dalam DKM akan dioptimalkan, bersinergi dengan kamar pemerintah, bisnis dan akademisi. 

DKN harus lebih banyak mendengarkan keinginan masyarakat di tingkat tapak yang kemudian  dielaborasi dalam menyusun masukan-masukan untuk perumusan kebijakan pemerintah.

Baca juga : Kepemimpinan Trans Global Perkuat Pengelolaan HTR

"DKN harus bersama masyarakat mendengarkan aspirasi di lapangan. Karena kalau dari pengalaman saya, jika tidak berasal dari tapak masyarakat, sulit bagi DKN untuk memposisikan masukan-masukan strategis," ujarnya.

Pria jebolan Universitas Brawijaya Malang ini  pun berpesan agar penguatan kelembagaan DKN dilakukan melalui penguatan DKN dan DKD di Provinsi untuk sinergitas dan fasilitasi program kerja pusat dan daerah. 

Selanjutnya, DKN juga akan terlibat pada diskusi-diskusi di tengah masyarakat terkait isu kehutanan dan lingkungan hidup. Program kerja DKN akan difokuskan dengan kebijakan pemerintah.

"Saya berharap ke depan apapun yang ada di lapangan yang kita lihat dan rasakan, kita diskusikan di DKN, agar bisa menjadi jembatan emas untuk semua pihak," imbuhnya.

Baca juga : Kementan Ajak Masyarakat Perkuat Diversifikasi Pangan Lokal

Saat ini, DKN  mempunyai beberapa program untuk mendukung kebijakan pemerintah di LHK, seperti persoalan tata kelola kehutanan, penguatan Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), percepatan perhutanan sosial dan pemberdayaan masyarakat, termasuk penyelesaian konflik di dalamnya, kontribusi NDC dalam pengendalian perubahan iklim, serta revitalisasi bisnis kehutanan. [FIK]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.