Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mentan SYL Datangi Lampung Memastikan Pertanian Berproduksi

Sabtu, 20 Juni 2020 09:03 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pangan di tengah pandemi Covid-19 dalam posisi aman dan tetap berproduksi. Hal ini perlu dipastikan karena besarnya kontribusi Provinsi Lampung dalam memberi kehidupan yang lebih baik melalui sektor pertanian.

“Pandemi Covid-19 boleh berlapis-lapis, akan tetapi tidak ada kelaparan dan petani sejahtera. Apalagi alam memberikan kita keuntungan untuk melakukan tanam," ujar Mentan saat mengunjungi lokasi Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam Padi (GPOT) di Kecamatan Trimurjo, Jumat (19/6).

Baca juga : Kementan Bina Peternak Lewat Program Pendamping Usaha Peternak

Menurut Mentan, bertani merupakan pilihan tepat, juga sesuatu yang menjanjikan untuk kehidupan yang lebih baik. Sebab dengan bertani, kata Syahrul, mampu membuka peluang pasar yang lebih luas. Karena itu, Mentan meminta dukungan Gubernur Lampung untuk memaksimalkan bantuan yang sudah diberikan.

“Kami turun ke sini (Lampung) sesuai arahan Presiden Jokowi yang ingin semua menteri di Kabinet Indonesia Maju turun ke lapangan untuk melihat apakah rakyat Indonesia cukup pangan atau tidak. Tapi di sini, tidak ada yang kurang makan apalagi kelaparan," katanya.

Baca juga : Kemendagri Ingin Pilkada Jadi Ajang Tarung Gagasan Lawan Covid

Namun di sisi lain, Syahrul tetap mengingatkan terkait adanya kemungkinan krisis pangan seperti yang disampaikam Badan Pangan Dunia (FAO). Krisis disebabkan akibat kekeringan ekstrem yang melanda dunia, serangan hama, dan ancaman pasca pandemi Covid-19.

“Saya berharap di Lampung bukan hanya beras saja tetapi jagung dan tanaman lainnya bisa terus ditingkatkan produksinya. Ini penting untuk kita lakukan agar Indonesia terhindar dari krisis pangan," katanya.

Baca juga : Dari AWR, Mentan Syahrul Harapkan Petani Muda Dekat Dengan Teknologi

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan bahwa Provinsi Lampung saat ini terus berupaya menjadi lokomotif pertanian Indonesa. Karena itu, Arinal mendukung kedaulatan pangan dan menjaga stabilitas ekonomi melalui sektor pertanian.

“Ke depan kita akan kembangkan pertanian dan lumbung pertanian, serta mempertahankan ketahanan pangan nasional," tutupnya. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.