Dark/Light Mode

Agar Tak Ada Yang Ragu Naik Pesawat

Menhub Minta Operator Bandara dan Maskapai Jaga Kepercayaan Masyarakat

Kamis, 25 Juni 2020 20:34 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (bertopi) saat menjajal duduk di dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (25/6). Foto: Humas Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (bertopi) saat menjajal duduk di dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (25/6). Foto: Humas Kemenhub

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi sidak ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (25/6).

Menhub didampingi Dirjen Udara Kemenhub Novie Riyanto dan President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin.

Menhub bergegas melakukan pengecekan ke Terminal 2 untuk memastikan langsung, penerapan protokol kesehatan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca juga : Liga Spanyol : Yang Masih Pesta-pesta, Dipaksa Masuk Karantina

Mantan Dirut Angkasa Pura ll ini juga mengecek dari titik keberangkatan penumpang pesawat, pemeriksaan suhu badan, pengecekan dokumen, pada saat check in, saat menunggu boarding, hingga naik ke pesawat.

“Saya datang ke Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan protokol kesehatan telah diterapkan sesuai Permenhub 41/2020 dan SE 13/2020 tentang Pengendalian Transportasi Udara dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19 di masa adaptasi kebiasaan baru ini," katanya.

Menurutnya, di masa new normal masyarakat bisa tetap produktif melakukan aktivitasnya. Termasuk untuk bertransportasi. Namun tetap aman dari penularan Covid-19 yang sampai saat ini belum ditemukan vaksinnya dan belum diketahui sampai kapan akan berakhir.

Baca juga : Penerbangan Bergairah Lagi, Penumpang Pesawat Merangkak Naik di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru

"Kepada para operator bandara maupun maskapai agar bisa menjaga kepercayaan masyarakat. Jangan sampai pengguna memiliki experience yang tidak baik. Misalnya tidak ada jaga jarak, berdesak-desakan, dan pengalaman tidak menyenangkan lainnya. Kalau itu terjadi mereka nanti akan kapok datang ke bandara. Dan yang rugi adalah operator juga,” tuturnya.

Menhub juga mengapresiasi Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta yang telah memanfaatkan teknologi digital dalam pemerikasaan dokumen dengan aplikasi bernama Travelation.

Melalui aplikasi tersebut, penumpang pesawat dapat mengunggah dokumen seperti KTP, tiket penerbangan, dan surat hasil rapid test atau PCR secara daring.

Baca juga : Pemerintah Wajib Bongkar Mafia Pekerja Migran

Menhub mendorong pemanfaatan digitalisasi tidak hanya dapat dilaksanakan pada sektor angkutan udara tapi bisa dilakukan juga di sektor transportasi darat, laut, dan kereta api. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.