Dark/Light Mode

Tetap Produktif di Masa Pandemi Covid-19

Desa Terus Kuatkan Peran Sebagai Penopang Ketahanan Pangan Nasional

Kamis, 2 Juli 2020 10:00 WIB
Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Budi Arie Setiadi terjun langsung dalam Panen Raya di Desa Sukasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/7). (Foto: Humas Kemendes)
Wakil Menteri Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal, Budi Arie Setiadi terjun langsung dalam Panen Raya di Desa Sukasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/7). (Foto: Humas Kemendes)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Budi Arie Setiadi terjun langsung dalam panen raya di Desa Sukasari, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (2/7).

Desa Sukasari di Kecamatan Karangtengah adalah salah satu daerah sentra penghasil beras di Jawa Barat.

Baca juga : KAI Daop 1 Perpanjang Penghentian Operasi KA Lokal

"Desa tetap produktif di masa pandemi Covid-19. Perdesaan adalah penopang ketahanan pangan nasional," kata Budi Arie menjelang panen raya.

Budi Arie menegaskan, desa memiliki peran yang sangat signifikan dalam perekonomian nasional. Bahkan, pergerakan barang hasil dari desa ke kota menjadi tulang punggung kebangkitan ekonomi di masa krisis akibat wabah Covid-19.

Baca juga : Dampak Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Tradisional Harus Melek Teknologi

Karena itu, produk-produk desa harus disokong agar berkualitas bagus dan mampu bersaing. Pemerintah, atas arahan Presiden Jokowi, serius membina desa untuk meningkatkan produktivitas yang berdaya saing.

"Program bantuan sosial untuk masyarakat dan intensifikasi pertanian terus digenjot," ujar Budi Arie. 

Baca juga : Australia Dorong MA Terapkan Proses Pengadilan Online

Ia menekankan, pemerintah juga memprogramkan digitalisasi desa. Pemanfaatan teknologi digital diyakini mampu mendorong pemasaran produk-produk perdesaan, sekaligus menarik investor nasional untuk membesarkan produksi.

"Sekarang eranya digital. Internet desa diperluas di seluruh Indonesia. Warga desa harus maju dan produktif," tandas Budi Arie. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.