Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mudahkan Pemeriksaan Kesehatan di Masa Pandemi, Prodia Hadirkan Telekonsultasi bagi Pelanggan

Jumat, 12 Juni 2020 21:01 WIB
Dokter customer service Prodia saat melayani telekonsultasi dengan pelangan Prodia di Prodia Health Care, Jakarta, Jumat (12/6). (Foto: Dok. Prodia)
Dokter customer service Prodia saat melayani telekonsultasi dengan pelangan Prodia di Prodia Health Care, Jakarta, Jumat (12/6). (Foto: Dok. Prodia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk meningkatkan layanan kesehatan pada masa pandemi Covid-19, PT Prodia Widyahusada Tbk menghadirkan telekonsultasi bagi pelanggan. Layanan ini bertujuan memudahkan pelanggan dalam melakukan konsultasi mengenai kondisi kesehatan tanpa harus datang ke Prodia. 

Apabila diperlukan tindakan lanjutan, dokter akan memberikan rujukan sesuai dengan kondisi pelanggan. Seperti memberikan pengantar untuk pemeriksaan di Prodia, vaksinasi di Prodia, dan pemberian resep. Layanan telekonsultasi ini berlaku di cabang Prodia yang berizin klinik, dan tersedia bagi pelanggan awam yang akan dilayani dokter di klinik Prodia mulai 22 Mei 2020. 

Baca juga : Pemerintah Siapkan Stimulus Bagi Pelaku Usaha Rp 1,85 T

“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kemudahan akses layanan kesehatan bagi pelanggan pada masa pandemi Covid-19 ini sehingga pelanggan dapat melakukan konsultasi kesehatan tanpa harus datang ke fasilitas layanan kesehatan kami,” tutur Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty, dalam keterangan yang diterima redaksi, Jumat (12/6).

Permintaan layanan telekonsultasi di Prodia dapat dilakukan dengan menghubungi Kontak Prodia 1500-830 atau menghubungi cabang Prodia terdekat yang lokasi dan nomor kontaknya dapat dilihat pada website Prodia https://prodia.co.id/id/lokasi. Petugas Prodia akan mencatat data pelanggan, menyampaikan tata cara dan syarat-ketentuan yang berlaku secara umum untuk penggunaan layanan telekonsultasi, mengecek jadwal layanan telekonsultasi yang tersedia, serta menginformasikan kepada pelanggan melalui whatsapp atau telepon. 

Baca juga : Fadel: Jaga Kesehatan, Ekonomi Jalan

Setelah pelanggan membuat janji penggunaan layanan telekonsultasi dan telah melakukan pembayaran, petugas Prodia akan mengirimkan email yang berisi jadwal, durasi dan undangan dengan link Webex serta syarat dan ketentuan yang berlaku secara detail untuk penggunaan telekonsultasi. Telekonsultasi dilakukan sesuai dengan jam layanan dokter di cabang Prodia maksimal selama 30 menit. Untuk layanan telekonsultasi mengenai hasil pemeriksaan laboratorium, dokter Prodia akan melihat melalui Hasil Online. Proses layanan telekonsultasi didokumentasikan dalam bentuk rekam medis dan rekaman suara. 

Dokter layanan telekonsultasi Prodia dapat memberikan tindak lanjut dan mengarahkan pasien untuk akses pesan online dan/atau layanan home service bila diperlukan. Apabila ada anjuran dokter mengenai tindak lanjut berupa pemberian resep, hal tersebut akan dikirimkan softcopynya dalam format PDF melalui email dan akan dikonfirmasi oleh petugas Prodia. Bagi pelanggan yang memerlukan tindak lanjut berupa pemeriksaan laboratorium dapat diarahkan dengan menggunakan pesan online. 

Baca juga : Penting, Menjaga Kesehatan Gigi Anak di Masa Pandemi

Layanan telekonsultasi tidak berlaku untuk konsultasi pra-pemeriksaan Anti-Covid-19. Ada pun jenis layanan yang tidak dapat dilakukan dengan telekonsultasi di antaranya adalah sebagai triage dan kondisi gawat darurat, kebutuhan pemeriksaan fisik pada medical check-up, konsultasi pasien disabilitas (tuli/tuna wicara/tuna netra), kondisi khusus yang mengharuskan pemeriksaan fisik atau memerlukan tindakan medis tertentu, hasil pemeriksaan lab/non lab dari luar Prodia, dan permintaan surat keterangan sehat sebab hal tersebut membutuhkan pemeriksaan fisik. 

“Layanan telekonsultasi yang dimiliki Prodia ini sejalan dengan kebutuhan pelayanan kesehatan pada kondisi pandemi Covid-19 saat ini, dengan memanfaatkan teknologi medis secara online atau telemedicine. Kami berharap pelanggan maupun masyarakat dapat memanfaatkan layanan telekonsultasi ini secara optimal sehingga mempermudah untuk berkonsultasi dengan dokter sesuai kondisi kesehatannya masing-masing,” tambah Dewi. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.