Dark/Light Mode

BKSDA Jambi Amankan Burung Gelatik Batu Di Toilet Bus

Minggu, 19 Juli 2020 07:36 WIB
Burung gelatik batu
Burung gelatik batu

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggagalkan pengiriman burung tanpa dokumen, Jumat (17/07). 

Delapan box yang berisi ± 240 ekor burung Gelatik Batu (Parus Major) tersebut, berhasil ditemukan di dalam toilet bus dan langsung diamankan oleh tim patroli BKSDA Jambi. 

Berdasarkan pengakuan supir, Burung Gelatik Batu dibawa dari Pekanbaru, Riau menuju ke Tulang Bawang, Lampung. 

Baca juga : BNI Syariah Terbitkan Cobranding Kartu Debit KARTANU Cilegon

 “Burung ini mempunyai penting di alam untuk menjaga kestabilan dan keberlanjutan rantai makanan. Kami mengharapkan dukungan semua pihak untuk menjaga kelestarian Sumber Daya Alam (SDA) sebagai titipan antar generasi,” ungkap Kepala BKSDA Jambi, Rahmad Saleh, Minggu (19/07).

Burung Gelatik Batu merupakan satwa tidak dilindungi undang-undang dan non-appendiks CITES (Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora). 

Namun demikian, peredarannya harus dilengkapi dengan dokumen Surat Angkut Tumbuhan dan Satwa Dalam Negeri (SATS-DN). 

Baca juga : Pemkot Bandung Dapat Bantuan APD Dari Filantra

Penyebaran burung Gelatik Batu terdapat di Pulau Sumatera, Jawa dan Bali pada daerah hutan mangrove hingga dataran dengan ketinggian 2.000 mdpl. 

Burung Gelatik Batu tersebut akan dilepasliarkan ke habitat alami yang memenuhi aspek daya dukung bagi spesies tersebut di Provinsi Jambi.

Patroli tersebut bermula dari kegiatan monitoring peredaran Tumbuhan dan Satwa Liar (TSL), pada Wilayah Lintas Timur Sumatera, khususnya Jalan Lintas Lingkar Barat, Kecamatan Alam Barajo, Kota Jambi. 

Baca juga : Beri Rasa Aman Tamu, Archipelago Dapat Safe Travels

Diketahui, Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi melaksanakan patroli peredaran TSL pada loket bus PO. R.A. BKSDA Jambi kerap mendapat laporan masyarakat mengenai peredaran ilegal satwa burung pada jalur lintas Sumatera tersebut. Pemeriksaan dilakukan ketika bus menurunkan para penumpang dan bongkar muat barang di loket.[FIK]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.