Dark/Light Mode

Fasilitasi Modal, Menpora Ajak Mahasiswa Unpak Berwirausaha

Selasa, 28 Juli 2020 12:06 WIB
Menpora Zainudin Amali membuka webinar kuliah kewirausahaan di Unpak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/8). (Foto : Kemenpora)
Menpora Zainudin Amali membuka webinar kuliah kewirausahaan di Unpak, Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/8). (Foto : Kemenpora)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menpora RI Zainudin Amali mengajak mahasiswa berwirausaha dan menjadikan wirausaha pilihan utama dalam menentukan masa depannya. Pemerintah menyediakan modal.

Hal itu dikatakan Zainudin Amali saat membuka kuliah kewirausahaan di Universitas Pakuan, Bogor, Jawa Barat, secara virtual dari kediaman Jatiwaringin Jakarta Timur, Selasa (28/7) pagi.

Kuliah, diskusi dan kajian ilmiah webinar kali ini mengambail tema "Membidik Peluang Bisnis di Era Digital.

Baca juga : Menpora Ingin Kampus Jadi Tempat Tumbuhnya Semangat Kewirausahaan

"Saya mengajak mainset para mahasiswa dibalik. Biasanya lulus kuliah sibuk mencari kerja kemana-mana setelah tidak diterima terus memilih wirausaha. Kewirausahaan jadikan cita-cita pertama, sehingga tidak menggantungkan diri pada orang lain tetapi menjadi tempat bergantung orang lain," ajaknya.

Dijelaskannya Kemenpora sudah bekerjasama dengan Universitas Pakuan (Unpak). Ini  sudah memasuki tahun ke-2. Tahun lalu,  sejumlah mahasiswa mengikuti tahapan seleksi dan  terpilih 7 mahasiswa dengan bantuan fasilitasi permodalan yang besarannya per orang senilai Rp 25 juta rupiah dan 6 orang lainnya masing-masing Rp 15 juta rupiah.

"Apresiasi untuk Unpak, kenapa Kemenpora datang lagi untuk kerjasama, karena ada prestasi, ada kesan, ada yang menarik, ada progres dari yang lalu," tambahnya.

Baca juga : Cetak Wirausaha Muda, Menpora Siap Kolaborasi dengan HIPMI

Dalam sambutannya Rektor Unpak Bibin Rubini menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah melalui Kemenpora RI yang telah memberikan perhatian kepada universitas swasta khususnya bidang enterpreneur dikalangan mahasiswa.

"Ini tahun ke-2, terima kasih kepada pemerintah melalui Kemenpora RI, ini bagaikan oase di padang pasir, mahasiswa sebagai komponen anak bangsa diperhatikan," kata Rektor Unpak.

Sementara dalam laporannya, Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni'am Sholeh beberapa tahapan akan terus dikerjasamakan dengan berbagai pihak.

Baca juga : HUT KNPI ke-47, Menpora Minta Pemuda Indonesia Kompak Jaga Persatuan

Untuk perguruan tinggi perkuliahan dirancang sebagai sosialisasi dan optimalisasi jiwa entrepreneur."Setelah tahapan sosialisasi dan optimalisasi melalui perkuliahan semacam ini dilanjutkan seleksi dan fasilitasi permodalan yang meskipun nominal relatif dimaksudkan menjadi pemantik lahirnya para wirausaha muda," tegasnya.

Hadir sebagai narasumber, Digital Marketer & CEO Herbalize ID Revardi Syahputra, Founder Moslem Journey llham Pradipta (alumni Program Kewirausahaan Muda Kemenpora), Founder Eggy Telur Asin Benny Pandapotan.

Sebagai penyelenggara, Asdep Kewirausahaan Pemuda Imam Gunawan, serta dari mitra pendukung, PT Pegadaian (Persero) Triantoro dan Muhammad Apud Kusaeri, dan dari Astra Desy Listya Nurina. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.