Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mendagri Serahkan KTP-el Ke Pemilih Pemula Di Indramayu

Kamis, 6 Agustus 2020 15:04 WIB
Mendagri Tito Karnavian (kedua kanan) menyerahkan KTP-el kepada pemilih pemula didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan jajaran Kemendagri. (Foto: ist)
Mendagri Tito Karnavian (kedua kanan) menyerahkan KTP-el kepada pemilih pemula didampingi Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan jajaran Kemendagri. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, berkunjung ke Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Rabu (5/8). Di sana dia, membagikan KTP-el secara simbolis kepada para pemilih pemula.

Empat orang terpilih menerima KTP-el: Nurkholis dari asal Desa Segeran Kidul, Kecamatan Juntinyuat; Siti Agnisa Aulia, Desa Plumbon, Kecamatan Indramayu; Lulu Agustin, Desa Dukuh, Kecamatan Indramayu; dan Olivia Fathar, Desa Dadap, Kecamatan Juntinyuat. Dukcapil.

Penyerahan dilakukan Tito. KTP-el ini sebagai hadiah ulang tahun karena memasuki usia 17. 

Mendagri Tito pun memberikan apresiasi kepada jajaran Ditjen Dukcapil Kemendagri atas layanan jemput bola perekaman KTP-el di Kabupaten Indramayu.

Baca juga : PLN Berhasil Tembus Pulau Terluar Indonesia

"Terima kasih kepada Ditjen Dukcapil yang sudah memberikan layanan istimewa kepada masyarakat khususnya para pemilih pemula yang tahun ini memasuki usia 17 tahun sehingga bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Indramayu," kata Tito.

Yang menarik, Tito pun melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Zudan Arif Fakrulloh akan memberikan hibah bantuan berupa Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) kepada Pemkab Indramayu. 

"Mesin ADM ini mampu mencetak KTP-el dan dokumen kependudukan lainnya paling lama 5 menit," kata Mendagri disambut tepuk riuh hadirin pada acara launching Gerakan Sejuta Masker, Rakor Pelaksanaan Pilkada 2020 dan Pencegahan Covid-19.

Dalam kesempatan yang sama, Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh mengatakan, mayoritas warga yang belum memiliki KTP-el berasal dari kelompok umur pemilih pemula. Untuk itu, Zudan memerintahkan tim Dinas Dukcapil di daerah agar fokus melayani perekaman KTP-el ke sekolah dan kampus.

Baca juga : Pemilihan Legislatif Hong Kong Ditunda ke Tahun Depan

Perekaman ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Nomor 471.13/2100/Dukcapil tanggal 6 Maret 2019 tentang Pelayanan Jemput Bola Perekaman KTP Elektronik Goes to Campus/School.

"Untuk pelajar yang telah berusia 17 tahun, setelah perekaman, KTP elektroniknya langsung dicetak. Sementara bagi yang masih berusia 16 tahun, KTP-el yang bersangkutan akan dicetak saat usianya sudah 17 tahun," kata Zudan. 

Berdasar catatan Dinas Dukcapil Kabupaten Indramayu, hasil perekaman KTP-el yang dilakukan seharian penuh melalui mobil pelayanan di Gedung Patra Ayu Pertamina, kemarin berhasil merekam sebanyak 77 orang dan langsung dicetak sebanyak 77 keping KTP-el.

Sementara itu bahwa dalam rangka mendukung Pilkada 2020, di saat yang sama kemarin, ada 2 tim yang bergerak melalui kegiatan "Lare Ceting" (Layanan Rekam & Cetak KTP-el Keliling).

Baca juga : Selain Teror, Pegawai KPK Juga Diserang Gaib

Hasilnya sebanyak 125 orang sudah direkam datanya di Desa Sukra, Kecamatan Sukra. Sedangkan di Desa Patrol, Kecamatan Patrol penduduk yang direkam data KTP-el sebanyak 71 orang. 

Menurut Kadis Dukcapil Kabupaten Indramayu Moh. Iskak Iskandar, print ready record (PRR) hasil perekaman tersebut segera dicetak menjadi KTP-el di kantor Disdukcapil Indramayu. "Kami segera cetak KTP-el nya di kantor, karena di lapangan saat merekam tidak tersedia printer untuk mencetak. Hasilnya segera diumumkan melalui website dan whatsapp," kata Iskandar. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.