Dark/Light Mode

Pembangunan Karakter SDM Transportasi Dalam Keberagaman Sebagai Jembatan Pemersatu Bangsa

Rabu, 19 Agustus 2020 14:33 WIB
Foto: Diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: BPSDM Perhubungan)
Foto: Diambil sebelum pandemi Covid-19. (Foto: BPSDM Perhubungan)

 Sebelumnya 
BPSDM Perhubungan mengelola 26 Lembaga Diklat yang tersebar di seluruh Indonesia yaitu Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Balai Besar Pendidikan, Penyegaran dan Peningkatan Ilmu Pelayaran (BP3IP) Jakarta, Politeknik Transportasi Darat Indo nesia (PTDI-STTD) Bekasi, Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal, Politeknik Transportasi Darat Bali, Politeknik Transportasi SDP Palembang, Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh, Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Jayapura, Politeknik Penerbangan Poltekbang) Surabaya, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan, Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang, Akademi Penerbangan Indonesia (API) Banyuwangi, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BP2TD) Mempawah, Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta, serta Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug.

Sugihardjo, Kepala BPSDM Perhubungan mengatakan bahwa keberagaman di lingkungan BPSDM Perhubungan bukan menjadi hambatan dalam menciptakan sumber daya manusia transportasi yang unggul. BPSDMP memberikan kesempatan kepada putera-puteri yang berasal dari seluruh wilayah NKRI untuk dapat diterima pada Seleksi Penerimaan Calon Taruna (SIPENCATAR) dengan tidak menjadikan suku, ras, antara golongan, agama dan gender syarat dalam bergabung menjadi taruna transportasi.

Baca juga : Transportasi Berperan Penting Rajut Keberagaman

Kebersamaan dalam kebera gaman dan kemajemukan yang ada di sekolah-sekolah transportasi di lingkungan BPSDM Perhubungan merupakan kekuatan dalam berkarya untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia Transportasi yang unggul dan berkarakter. Untuk itu, mari kita hindari hal-hal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa, karena keragaman merupakan anugerah yang terindah.

Dalam SIPENCATAR Jalur Reguler Pola Pembibitan, BPSDMP melakukan afirmasi untuk menjaring lebih banyak potensi peserta didik dengan mengakomodir keragaman potensi SDM dari daerah yang berlokasi jauh dari pusat kegiatan perekonomian sehingga berdampak terhadap kemampuan akademis.

Baca juga : Tegakkan Etika dan Norma dalam Pembelajaran Jarak Jauh

Mustahil mewujudkan sumber daya manusia (SDM) transportasi yang unggul dan berkarakter tanpa keberagaman. Dengan keberagaman, maka akan ter bangun kekuatan dari adanya sikap toleransi, gotong royong, dan saling menghargai. Hal ini juga terdapat dalam proses pem belajaran Mata Kuliah Dasar Umum yang wajib diikuti oleh semua taruna dari semua prodi, serta melalui kuliah umum.

Seadaptif apapun sistem pendidikan kita, pendidikan karakter terhadap keluhuran bangsa tidak boleh ditinggalkan. BPSDM Perhubungan, selain memberikan pendidikan vokasi bidang transportasi melalui SIPENCATAR, juga memberikan Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) di bidang transportasi secara gratis, guna membangun sumber daya manusia dalam mendukung pembangunan infrastruktur transportasi.

Baca juga : Kewenangan Terbatas, Ombudsman Seperti Macan Ompong

Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) ini merupakan program yang dilakukan untuk mendukung program Nawacita dari bapak presiden Joko Widodo demi tercapainya pendidikan yang merata bagi seluruh kalangan masyarakat, serta membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Dirgahayu Republik Indonesia ke-75. Membangun Indonesia dengan keberagaman SDM untuk Indonesia Maju. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.