Dark/Light Mode

Hari Ini Diresmikan

Sebut Bandara YIA Terbaik Untuk Saat Ini, Jokowi Puji Sri Sultan

Jumat, 28 Agustus 2020 11:27 WIB
Presiden Jokowi (tengah) di sela peresmian Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8). (Foto: Istimewa)
Presiden Jokowi (tengah) di sela peresmian Bandara Internasional Yogyakarta, Jumat (28/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi menilai, Yogyakarta International Airport (YIA) adalah bandara terbaik di Indonesia saat ini.

Hal itu disampaikan Jokowi saat meresmikan YIA di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (28/8).

 "Menurut saya ini (bandara) terbaik saat ini di Indonesia. Nggak tahu kalau ada bandara baru lebih baik lagi, nggak tahu," kata Jokowi lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (28/8).

Baca juga : Siang Ini, Jokowi Resmikan Jalan Tol Ruas Sigli-Banda Aceh

Jokowi mengatakan, terminal Yogyakarta International Airport (YIA) jauh lebih luas dari bandara lama: Adisucipto Airport. "Panjang runway di sana 2.200. Yang di sini, 3.250. Ini jauh lebih panjang," kata Presiden Jokowi, di Yogyakarta International Airport, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (28/8).

Dengan runway sepanjang itu, bandara baru DIY ini sudah bisa didarati pesawat-pesawat berbadan besar. "Di sini bisa didarati Airbus A380 dan Boeing 777. Pesawat gede-gede bisa turun di sini," lanjutnya.

Itu baru runway-nya. Luas terminalnya, lebih wow lagi. Kepala Negara menyebutkan, terminal bandara baru ini berukuran 13 kali lipat lebih luas dari bandara lama.

Baca juga : Lompatan Besar yang Diperlukan Bangsa Saat Ini, Merdeka dari Corona

"Luas terminal lama 17 ribu meter persegi. Di sini 219 ribu meter persegi. Berapa kali ini? 13, 14 kali lipat," ucapnya.

Bandara baru ini juga dikerjakan dengan sangat cepat. Hitungan Jokowi, bandara rampung 100 persen hanya dalam waktu sekitar 20 bulan saja.

Presiden pun memuji Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X, yang turut terlibat dalam arsitektur Bandara YIA.

Baca juga : Mahathir Serius Bikin Partai Untuk Tumbangkan PM Muhyiddin

"Beliau ternyata sangat detil dan mumpuni urusan kearsitekturan. Termasuk, interior yang di dalam tadi. Keahlian beliau sangat kelihatan sekali di sini, di Bandara Internasional Yogyakarta. Saya juga terima kasih sekali PP dan PT Angkasa Pura I yang berhasil menuntaskan pekerjaan ini. Saya pikir, untuk saat ini di Indonesia, ini yang terbaik," papar Jokowi, yang didampingi Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Usai shalat Jumat, Presiden Jokowi juga diagendakan untuk menyerahkan Banpres Produktif Usaha Mikro di Gedung Agung, Istana Kepresidenan Yogyakarta. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.