Dark/Light Mode

Wagub Jabar Berikan Bantuan Untuk Santri Tani

Sabtu, 18 Juli 2020 20:20 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan bantuan pertanian kepada Santri Tani (Santani) Jabar Juara di Pondok Pesantren Miftahul Ridwan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum saat memberikan bantuan pertanian kepada Santri Tani (Santani) Jabar Juara di Pondok Pesantren Miftahul Ridwan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum memberikan bantuan pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Ridwan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu, (18/7/2020).

Bantuan ini sesuai dengan program yang ada yakni, Santri Tani (Santani) Jabar Juara.

Uu mengatakan program Santani harus ditingkatkan guna meningkatkan kemandirian ekonomi dalam upaya membangun pondok pesantren.

Baca juga : Banjir Landa Masamba, Pertamina Peduli Salurkan Bantuan Bagi Warga

Dengan begitu, pesantren tidak melulu bergantung pada bantuan dari pemerintah atau orang tua santri.

"Kiai butuh tetap di pesantrennya, murobatoh sebagai figur dan sebagai orang tua para santri," kata Uu di Bandung, Sabtu, (18/7/2020).

Uu berharap, pondok pesantren Miftahul Ridwan bisa lebih berkembang dan memanfaatkan ilmu bertani. Selain itu, Santani memiliki legalitas formal dari Pemda Subang.

Baca juga : Wulan Guritno Bangga Banget Putri Pertamanya Wisuda

"Yang kedua pelatihan, pertanian apa yang cocok di sini. Lalu yang ketiga, bagaimana cara pengemasan produk tani yang baik dan menarik," kata Uu.

Sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini memulai program Santani Jabar Juara disokong melalui kolaborasi antara pemerintah daerah provinsi, kabupaten / kota, dan pesantren.

Selain itu, Uu pun berharap program Santani di Jabar mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar pondok pesantren.

Baca juga : Tito Warning Kepala Daerah Tak Salah Gunakan Bansos Untuk Pilkada

"Jadi ilmu yang mengeluarkan ukhrawi yang diberikan pada masyarakat bukan hanya iman dan takwa. Kini juga harus melebar, diberikan peluang-peluang ekonomi, peluang-peluang kehidupan dari pondok pesantren," tambah Uu. [D.R]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.