Dark/Light Mode

Menteri ESDM Minta Proyek Smelter Freeport dan Kilang Tuban Segera Diselesaikan

Selasa, 1 September 2020 22:30 WIB
Foto: Humas ESDM
Foto: Humas ESDM

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif meminta proyek strategis pembangunan fasilitas pemurnian (smelter) PT Freeport di Gresik, Jawa Timur agar dipercepat penyelesaiannya. Supaya dapat segera memberi manfaat nyata bagi bangsa Indonesia.

"Saya berharap, proyek smelter PT Freeport ini bisa segera selesai. Kita akan terus mendorong. Karena jika ini selesai, kita tinggal mendorong industri hilirnya, supaya bisa berkembang," ujar Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam keterangan resminya, Selasa (1/9).

Baca juga : PKS Soroti Molornya Proyek Smelter Freeport Di 2024

Pembangunan smelter PT Freeport ini dilaksanakan dalam jangka waktu 5 tahun, dan direncanakan selesai pada akhir tahun 2023 mendatang. Nilai investasi proyek ini mencapai 3 miliar dolar AS atau Rp 43,89 triliun.

Kilang Tuban

Baca juga : Proyek Penangkal Banjir DKI Segera Dilanjutkan

Usai mengunjungi lokasi proyek smelter Freeport Indonesia, Arifin meninjau lokasi Proyek Kilang Tuban. Proyek ini merupakan satu dari tujuh proyek kilang yang ditugaskan pemerintah untuk dibangun oleh  PT Pertamina (Persero).

Menteri ESDM juga menginginkan Proyek Kilang Tuban dapat dipercepat penyelesaiannya, karena sangat dinanti-nanti oleh pemerintah.

Baca juga : Menteri Agama Minta LDII Terus Perkuat Toleransi

"Pemerintah juga terus mendorong percepatan Proyek Kilang Tuban. Saya berharap l, Proyek Kilang Tuban juga dapat berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Diharapkan, selesai pada tahun 2026, bahkan dapat dilakukan percepatan," kata Arifin.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.