Dark/Light Mode

Menteri ESDM Minta Proyek Smelter Freeport dan Kilang Tuban Segera Diselesaikan

Selasa, 1 September 2020 22:30 WIB
Foto: Humas ESDM
Foto: Humas ESDM

 Sebelumnya 
Ia juga mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan PT Pertamina dan Rosneft untuk mempercepat pembangunan kilang ini. Sesuai dengan waktu dan target yang sudah ditentukan.

Saat ini, Proyek Kilang Tuban berada pada tahap studi Engineering/General Engineerging Design (GED) dengan progress overall Basic Engineering Design (BED) mencapai 51,56 persen.

Baca juga : PKS Soroti Molornya Proyek Smelter Freeport Di 2024

Proyek Kilang Tuban merupakan proyek yang sangat strategis, karena pembangunan kilang minyak akan terintegrasi dengan petrokimia, dengan kapasitas pengolahan minyak mentah sebesar 300 ribu barel minyak per hari dan produksi petrokimia mencapai 3.600 kilo ton per annum (ktpa). Nilai investasinya mencapai 16 miliar dolar AS atau Rp 233,83 triliun.

Selain itu, Kilang Tuban juga akan memproduksi BBM dengan kualitas Euro V, yaitu gasoline sebesar 80 ribu barel per hari dan diesel sebesar 98 ribu barel per hari.

Baca juga : Proyek Penangkal Banjir DKI Segera Dilanjutkan

"Saya yakin, proyek ini akan menciptakan multiplier effect yang sangat besar. Karena target Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang cukup tinggi, yaitu minimal 40 persen, dan menyerap tenaga kerja sebanyak 20 ribu orang," pungkas Arifin. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.