Dark/Light Mode

Dihadiri Luhut, Kementerian PUPR Gelar Pameran 11 Jembatan Ikonik

Jumat, 11 September 2020 04:30 WIB
Pameran dan Talkshow Jembatan Ikonik yang menghadirkan maket jembatan, di Gedung Auditorium Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/9).
Pameran dan Talkshow Jembatan Ikonik yang menghadirkan maket jembatan, di Gedung Auditorium Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Kamis (10/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran dan Talkshow Jembatan Ikonik yang menghadirkan maket jembatan, di Gedung Auditorium Kantor Kementerian PUPR, Jakarta.

Pameran dan Talkshow Jembatan Ikonik yang berlangsung 7-11 September 2020 ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BPKM) Bahlil Lahadalia dan Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso.

Basuki bersama para tamu berkeliling melihat dari dekat sebelas maket jembatan ikonik yang ditampilkan. 

Baca juga : Pilkada, Ajang Golkar Panaskan Mesin Partai

Sebelas maket jembatan ini adalah Jembatan Youtefa di Papua; Jembatan Merah Putih di Maluku; Jembatan Bahteramas Teluk Kendari di Sultra; Jembatan Tumbang Samba, Jembatan Pulau Balang di Kalteng, Jembatan Sei Alalak di Banjarmasin, Kalsel, Jembatan Tano Ponggol di Samosir, Sumut; serta Jembatan Mangunsuko, Jembatan Turpogen, Jembatan Kali Kuto, dan Jembatan Kali Kenteng di Jawa Tengah. 

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, pameran jembatan ikonik ini untuk mengedukasi kepada masyarakat, khususnya generasi muda.

”Berbagai macam jembatan dipamerkan disini, termasuk salah satunya Jembatan Tano Ponggol di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba,” kata Basuki Kamis (10/9).

Baca juga : 4 Daerah di Banten Sudah Siap Gelar Pilkada Serentak

Jembatan Youtefa yang telah diresmikan pada Oktober 2019 lalu memiliki dua rekor dari MURI, yaitu rekor pengiriman jembatan rangka baja utuh dengan jarak terjauh dan rekor pemasangan jembatan rangka baja utuh terpanjang.

Selain itu, Jembatan Turpogen dibangun dengan teknologi Judesa (jembatan untuk desa asimetris) untuk menangani masalah aksesibilitas masyarakat di pedesaan. 

Selama lima hari, para pengunjung Pameran dapat mengikuti Talkshow dengan tema-tema menarik terkait pembangunan jembatan di Indonesia dengan narasumber yang berpengalaman dan kompeten. Pameran diselenggaraan dengan patuhi protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.