Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bicara di Sarasehan 100 Ekonom

Luhut Jelaskan Pentingnya Hilirisasi Transformasi Ekonomi

Selasa, 15 September 2020 18:27 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. [Foto: Kemenko Marves]
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. [Foto: Kemenko Marves]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menghadiri sarasehan virtual 100 ekonom yang diadakan oleh Institute for Development of Economics and Finance (INDEF). Dalam kesempatan tersebut Luhut menyampaikan pentingnya hilirisasi yang menciptakan nilai tambah dalam transformasi ekonomi Indonesia.

Hilirisasi punya peran penting. Karena memberi nilai tambah yang sangat bagus. Mulai dari pajak, pendidikan, hingga potensi UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah –red). Kita kan tidak mau terus-terusan mengandalkan komoditas,” ujarnya, dalam acara bertema “Transformasi Ekonomi Indonesia Menuju Negara Maju dan Berdaya Saing", Selasa (15/9/2020).

Sektor hilirisasi mineral, lanjut Luhut, juga berkontribusi menopang perekonomian Indonesia selama pandemi dan diyakini ketika nanti pandemi usai. Hal ini karena sektor hilirisasi tidak terdampak terlalu dalam dan ekspor produk turunan yang dihasilkan dari pabrik pengolahan semakin menunjukkan dampak positif.

Baca juga : Bos Kosgoro 1957 Agung Laksono Ingatkan Pentingnya Solidaritas Lawan Covid-19

“Hilirisasi nikel ini akan kita kembangkan sampai ujungnya baterai lithium dan mobil listrik. Di tahun 2024 kita harap sudah produksi lithium battery tipe terbaru yaitu 811, dan ada recycling program juga untuk baterai itu,” jelasnya.

Kebijakan hilirisasi dengan pembangunan kawasan industri di beberapa wilayah juga telah turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah, melalui potensi UMKM di sekitar kawasan industri tersebut.

“Orang sekarang ingin green product. Indonesia akan menjadi pemain penting dalam peta industri mobil listrik dunia. Ini juga termasuk komitmen Indonesia untuk mencapai Paris Agreement pada 2030. Nantinya di Eropa juga tidak akan membolehkan lagi (combustion car),” tambahnya.

Baca juga : PLN Selesaikan Pembangunan Jaringan Transmisi Di Gerbang Timur Indonesia

Luhut juga mencontohkan, selama periode 2014-2019, ekspor besi dan baja di luar kendaraan telah meningkat dari angka 1,1 miliar dollar AS menjadi 7,4 miliar dollar AS. Pengolahan bijih nikel ke stainless steel slab juga memberikan nilai tambah secara signifikan. Dari 612 juta dollar AS menjadi 6,24 miliar dollar AS, atau meningkat 10 kali lipat.

Pemerintah juga terus mendorong hilirisasi untuk meningkatkan nilai tambah dari gasifikasi batubara. Beberapa waktu lalu telah ditandatangani perjanjian kerja sama proyek industri Coal to Methanol (CTM) di Batuta Industrial Chemical Park di Bengalon, Kutai Timur dengan nilai 2 miliar dollar AS.

“Sekarang juga kita sangat fokus menyiapkan langkah pengembangan proyek energi terbarukan untuk mendukung pengembangan industri hijau. Karena potensi kita juga ternyata sangat besar di sini. Jadi, tidak ada alasan untuk kita tidak optimis bahwa negara ini akan menjadi negara besar,” tegasnya.

Baca juga : Pilkada Di Tengah Pandemi, Perludem Ingatkan Pentingnya Mitigasi Penularan Corona

Usai pertemuan tersebut, Juru Bicara Menko Marves, Jodi Mahardi mengatakan, "Forum seperti ini selalu ditunggu. Jadi kita semua bisa duduk dan mendiskusikan berbagai masalah serta tantangan bangsa ke depan. Pak Menko sangat senang dan menunggu kesempatan-kesempatan berikutnya,” ujarnya. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.